6 Benda Terlarang untuk Dijadikan Hadiah

Alam Mary | 14 Mei 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memilih hadiah untuk diberikan kepada seseorang yang spesial bisa jadi seru dan menyenangkan. Bagi sebagian orang, bisa jadi malah memusingkan. Saking tidak ada ide memberi hadiah apa, ujung-ujungnya memberi hadiah dalam bentuk uang atau emas. Akan tetapi, walau paling aman, hadiah semacam ini kadang membuat tidak nyaman.

Dan sesungguhnya, niatan memberi hadiah tidak seharusnya membebani, baik si pemberi maupun penerima. Sesuatu yang spesial akan lebih dikenang, dan itu tidak harus mahal. Bisa berupa apa saja sesuai keinginan hati dan perasaan tulus memberi. Yang penting bukan salah satu dari 6 benda terlarang sebagai hadiah berikut ini, seperti dilansir dari Wion.

1. Benda yang terlalu personal

Pakaian dalam, produk atau alat kebersihan organ intim, dan semacamnya yang terlalu mencampuri area pribadi seseorang terlarang dijadikan hadiah. Pilih produk-produk netral saja seperti dompet, kerudung (jika calon penerima berhijab), peralatan dapur, dan semacamnya.

2. Benda yang bisa menyinggung perasaan

Calon penerima memiliki tone kulit yang gelap, kemudian Anda berinisiatif memberikan hadiah produk perawatan kulit yang dapat memutihkan. Memberi hadiah pakaian yang tidak sesuai ukuran penerima, memberi barang norak atau murahan dan lain-lain, termasuk yang terlarang. Sebagai alternatif, pilih jenis kosmetik yang relatif umum, seperti parfum atau satu set produk minyak zaitun.

3. Benda yang pernah dipakai atau hadiah yang tidak diinginkan

Saat ada keinginan memberi hadiah kepada seseorang, Anda kemudian teringat sebuah benda di rumah yang tidak Anda sukai atau ada kado-kado lama yang tidak sempat dipakai. Tentu saja, jangan lanjutkan niat yang ada dalam hati Anda! Memberi hadiah dari sesuatu yang bekas dan tidak Anda sukai termasuk perbuatan tidak sopan. Sekalipun penerima hadiah mungkin tidak mengetahui asal usul benda tersebut. 

4. Benda yang membutuhkan perawatan tinggi

Memberi hadiah biasanya agar hadiah tersebut dipakai dan bermanfaat. Jika hadiah yang diberikan justru mengharuskan penerimanya mengeluarkan biaya tambahan tentu akan merepotkan. Hewan peliharaan termasuk di dalam kategori ini. Kecuali, Anda tahu pasti jika calon penerima hadiah memang menginginkannya. 

5. Benda sindiran 

Anda mengetahui sesuatu yang sifatnya rahasia tentang calon penerima hadiah. Misalnya, calon penerima orangnya materialistik atau sombong. Kemudian Anda memberikan hadiah berupa buku bertema "panduan hidup sederhana". Heiii, niat Anda terlalu menyindir. Mengapa tidak memberi buku novel laris saja sebagai pilihan aman. 

6. Benda yang terlalu mahal

Mengingat tradisi kebanyakan orang yaitu saling berbalas dalam memberi hadiah, maka hadiah yang terlalu mahal (lebih dari sekadar mahal atau bagus), tidak disarankan. Karena dikhawatirkan menjadi beban bagi si penerima. Bahkan jika Anda benar-benar tidak berharap balasan, perasaan tidak enak sang penerima hadiah tidak dapat dikendalikan. Bisa jadi nantinya dia akan memaksakan diri memberi hadiah balasan yang setara, walau harus menguras tabungannya.

Penulis : Alam Mary
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait