Bisa Bikin Langsing! Ini 5 Cara Kreatif Menikmati Biji Chia

Alam Mary | 24 Mei 2024 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang mengira biji chia atau chia seeds itu sama dengan biji selasih. Padahal keduanya sama sekali berbeda, walau mungkin sedikit mirip dalam hal tampilannya. Sama-sama berupa biji berukuran kecil-kecil, akan tetapi biji chia memiliki bentuk bulat yang lebih oval dan warnanya campur hitam dan putih. 

Kelebihan biji chia, tinggi kandungan serat dan protein. Sehingga biji chia sangat cocok dimasukkan ke dalam menu diet harian bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Akan tetapi, menikmati biji chia susah-susah gampang mengingat rasanya yang hambar. Jika dicampur sembarangan dengan bahan lain yang kaya rasa, tentu khasiat langsing yang diharapkan sulit terwujud.

Nah, berikut ini ada 5 cara menikmati biji chia dengan cara yang sehat seperti dilansir dari Wion. Kelima resep ini tidak mencampur biji chia dengan bahan-bahan yang dihindari seperti tepung atau sirup, tapi tetap menghasilkan rasa yang enak.

1. Oatmeal biji chia

Masukkan biji chia ke dalam adukan bubur oatmeal hangat. Kemudian tambahkan taburan buah beri, kacang kering, dan siraman madu untuk sarapan yang nikmat. 

2. Puding biji chia

Campur biji chia dengan susu kesukaan Anda (susu sapi segar, susu almond, atau susu kelapa, dll), tambahkan pemanis dari madu atau sirup maple, dan sedikit tambahan aroma dari ekstrak vanila atau bubuk cokelat. Biarkan semalaman di dalam lemari es (bukan freezer) hingga teksturnya mengental atau mirip puding. Nikmati dengan taburan buah segar.

3. Smoothie biji chia

Tambahkan satu sendok makan biji chia ke dalam smoothie favorit Anda. Kemampuan menyerap air biji chia yang tinggi akan membuat tekstur smoothie semakin kental.

4. Energy bars biji chia

Tentu saja, Anda bisa membuat energy bars sendiri. Selain biji chia, siapkan juga kacang kering, kurma dan madu secukupnya. Campur semua bahan dan hancurkan dengan food processor. Periksa tingkat kepadatan hingga adonan bisa dicetak. Bentuk sesuai selera, bekukan dalam freezer. Nikmati saat menginginkannya.

5. Parfait biji chia

Puding biji chia akan semakin kaya rasa dengan tambahan greek yoghurt. Anda bisa menambahkan lapisan greek yoghurt di atas puding, sebelum kemudian memberi taburan irisan pisang, buah beri segar, kacang-kacangan dan ekstra biji chia kering.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait