10 Manfaat Mengonsumsi Biji Pepaya Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Binsar Hutapea | 30 Mei 2024 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Biji pepaya adalah biji hitam, gelatin kecil yang ditemukan di tengah buah pepaya yang matang. Biji memiliki lapisan luar dari zat berbentuk jelly. Biji-bijian ini memiliki rasa sedikit pedas dengan sentuhan pahit. Biji juga memiliki tekstur yang unik.

Biji pepaya rupana memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaatnya bagi kesehatan seperti dilansir Pinkvilla:

1. Kesehatan Pencernaan: Biji pepaya kaya serat. Ini membantu pencernaan dan mempromosikan buang air besar secara teratur. Seperti buahnya sendiri, biji-bijian ini juga mencegah sembelit. Kandungan serat membantu mengatur sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan. Ini ideal untuk orang dengan wasir atau orang tua yang mengalami masalah dengan buang air besar teratur.

2. Detoksifikasi Hati: Biji pepaya mengandung senyawa bioaktif yang mendukung proses detoksifikasi hati. Biji ini membantu menghilangkan racun dari tubuh, meningkatkan kesehatan hati, dan meningkatkan fungsinya secara keseluruhan. Detoksifikasi dengan biji pepaya kadang-kadang bermanfaat untuk menjaga resistensi insulin tetap terkendali. Ini juga memiliki efek positif pada kesehatan kulit Anda.

3. Sifat Antimikroba: Enzim seperti papain dan carpaine dalam biji pepaya memberikan sifat antibakteri dan antijamur alami. Mengonsumsi biji-bijian ini dapat membantu melawan patogen berbahaya dan mengurangi risiko infeksi. Prosesnya mungkin memakan waktu, tetapi efek keseluruhan sepadan. Anda selalu harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai jenis pengobatan alternatif apa pun. Hal ini karena bisa berinteraksi dengan obat yang sedang Anda konsumsi saat ini.

4. Penghilangan Parasit Usus: Biji pepaya dengan madu secara tradisional digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati parasit usus. Mereka mengandung enzim yang disebut caricin, yang dapat membantu mengusir parasit dari sistem pencernaan. Jika dibiarkan tanpa pengobatan, parasit-parasit ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kebersihan.

5. Efek Antiinflamasi: Biji pepaya mengandung senyawa dengan potensi sifat antiinflamasi. Konsumsi secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi gejala yang terkait dengan kondisi peradangan. Ini adalah salah satu manfaat berkelanjutan dari biji pepaya yang bisa Anda nantikan.

6. Antioksidan: Biji pepaya kaya antioksidan, seperti senyawa fenolik, yang melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan, mengurangi peradangan, dan mendukung kesejahteraan secara keseluruhan. Studi juga mengatakan bahwa ini membantu menyelamatkan proses oksidasi dalam sistem, menunda proses penuaan tubuh.

7. Kesehatan Kulit: Mengoleskan pasta atau minyak biji pepaya secara topikal dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Biji pepaya mengandung enzim dan antioksidan yang membantu membersihkan kulit, mengangkat sel-sel mati, dan mempromosikan kulit yang sehat. Pepaya adalah bahan pembersih kotoran yang kuat, menjadikannya pencuci muka yang sangat baik. Manfaat minyak biji pepaya untuk kulit juga termasuk menjaga kelembapan kulit, terutama dalam cuaca yang sangat kering.

8. Perawatan Rambut: Minyak biji pepaya dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut karena dapat membantu menyehatkan kulit kepala. Manfaat kesehatan biji pepaya untuk pertumbuhan rambut termasuk kekuatan dan tekstur yang ditingkatkan dari helai rambut. Pepaya juga berfungsi sebagai scrub ringan di kulit kepala dan menjauhkan kotoran ekstra.

9. Kesehatan Kardiovaskular: Kandungan serat dalam biji pepaya dan profil lemak sehat mereka serta sifat antioksidannya dapat berkontribusi pada kesehatan jantung dan melawan penyakit jantung. Konsumsi secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mendukung sistem kardiovaskular yang sehat.

10. Penguatan Sistem Kekebalan Tubuh: Antioksidan, vitamin, dan mineral biji pepaya membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat. Mereka dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, bakteri jahat, virus, dan penyakit lainnya.

Jika Anda ingin mengonsumsi biji pepaya, ada beberapa pilihan. Anda dapat memakannya apa adanya dengan mengambilnya dari buah atau memisahkannya dari daging pepaya. Anda juga bisa mengunyah dan menelannya utuh. Biji pepaya yang digiling juga dapat digunakan sebagai taburan pada berbagai makanan. Anda mungkin akan merasa rasanya sangat kuat, jadi mulailah dengan jumlah kecil. Cara lain untuk mengonsumsi biji pepaya adalah dengan mencampurnya ke dalam smoothie.

Penting untuk dicatat bahwa meski biji pepaya menawarkan manfaat potensial, reaksi individu dapat bervariasi. Disarankan untuk memulai dengan jumlah kecil, dan jika terjadi reaksi yang merugikan, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan profesional kesehatan.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Supriyanto
Berita Terkait