Punya Mertua Toksik? Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjaga Kesehatan Mental Anda

Binsar Hutapea | 31 Mei 2024 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memiliki ibu mertua toksik adalah hal yang buruk. Meskipun kecil kemungkinan ibu mertua Anda untuk berubah, Anda dapat menggunakan tips berikut untuk mengatasi dan menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk diri Anda sendiri. Yuk, simak!

Diskusikan dengan pasangan
Langkah paling penting dan utama adalah berkomunikasi secara jujur dengan pasangan Anda. Tanpa terdengar terlalu merendahkan, diskusikan masalah-masalah dengan pasangan Anda. Setelah Anda memahami pandangan mereka tentang masalah tersebut, akan lebih mudah untuk menghadapi situasi di masa depan dan menghindari stres emosional dan drama yang tidak diinginkan. Pasangan yang membantu akan siap untuk berbicara dan berdiskusi dengan ibu mereka atau membantu menciptakan batasan-batasan sehat seputar ibu mertua untuk melindungi integritas Anda.

Turunkan ekspektasi Anda
Jika setelah banyak usaha yang sia-sia, dan Anda tidak beruntung dalam mendapatkan perlakuan yang lebih baik dari ibu mertua, sudah saatnya untuk percaya dan menerima bahwa dia tidak akan berubah. Demi kebaikan Anda sendiri, bedamailah dengan kebiasaan dan tantrumnya tanpa membiarkan hak itu memengaruhi Anda, karena itu hanya sekadar kata-kata dan dapat dihindari. Menurunkan harapan Anda akan menghemat banyak usaha dan patah hati. Bila Anda bisa pindah ke tempat lain, itu akan menjadi situasi yang menguntungkan — Anda bisa menjauh dari ketoksikan ibu mertua sementara tetap bisa berhubungan melalui telepon agar tidak menciptakan rintangan antara dia dan pasangan Anda.

Rawat diri Anda sendiri
Menghadapi ibu mertua yang bertekad membuat hidup Anda tidak menyenangkan dapat mengorbankan kesejahteraan mental Anda. Karena manipulasi dan perilaku abusif mereka, Anda mungkin merasa stres, cemas, dan sangat kecewa. Penting untuk menjaga ketenangan dan melindungi kesehatan mental Anda. Mencatat, terapi, meditasi, dll., adalah beberapa cara untuk menjaga Kesehatan mental.

Jangan overthinking
Setelah berurusan dengan interaksi yang melelahkan dengan ibu mertua Anda, sangat mungkin larut dalam perasaaan bersalah. Anda mungkin akan mengoveranalisis suatu situasi. Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah tidak menganggap segala sesuatu terlalu serius atau menganggapnya personal.

Bela diri Anda sendiri
Ingatlah bahwa tidak ada yang boleh memiliki kekuatan untuk menghancurkan Anda atau kehidupan pernikahan Anda. Jika ibu mertua Anda menciptakan masalah sampai pada titik di mana itu merusak kesehatan mental Anda atau merusak kehidupan pernikahan Anda, yang terbaik adalah berbicara dengan pasangan Anda secara langsung seperti yang disebutkan di atas Jika hal-hal tidak terselesaikan, dapatkan bantuan dari terapis keluarga, dan jangan biarkan apa pun atau siapa pun menghalangi kebahagiaan Anda.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Supriyanto
Berita Terkait