7 Penyebab Hilangnya Kepercayaan dalam Sebuah Hubungan

Binsar Hutapea | 3 Juni 2024 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kepercayaan merupakan dasar dalam sebuah hubungan yang sehat dan memuaskan. Itu adalah perekat yang menyatukan pasangan, teman, dan keluarga, yang bisa memberikan rasa aman, mendorong saling menghormati dan keintiman. Setelah kepercayaan hancur, sangat sulit untuk menyatukan kembali semua bagian tersebut. Oleh karena itu, kepercayaan sangat penting untuk hubungan yang langgeng dan koneksi yang kuat.

Berikut adalah tujuh alasan mengapa sebuah kepercayaan hilang dalam hubungan:

1. Kurangnya komunikasi
Komunikasi terbuka dan percakapan mendalam adalah indikator kepercayaan dalam hubungan. Namun, ketika komunikasi terhenti, kesalahpahaman muncul. Kerahasiaan, perasaan yang disembunyikan, keluhan yang tidak diungkapkan, atau kegagalan untuk memahami dengan baik, menimbulkan kecurigaan dan dapat merusak dasar kepercayaan.

2. Janji yang dilanggar
Mengikrarkan komitmen berarti membawa rasa tanggung jawab dan akuntabilitas dalam hubungan. Gagal mematuhi janji ini secara konsisten dapat menimbulkan dampak yang jauh lebih buruk daripada kekecewaan awal. Melanggar janji menandakan pelanggaran kepercayaan dan integritas, membuat pasangan merasa dikhianati dan tidak berharga.

3. Pengkhianatan dan penipuan
Pengkhianatan menyerang inti kepercayaan; hal ini melukai dasar hubungan yang sering kali sulit disembuhkan. Perilaku menipu seperti manipulasi, kontrol, distorsi informasi merusak keaslian hubungan. Perselingkuhan, baik emosional maupun fisik, menghancurkan keyakinan dasar akan kesetiaan dan kepercayaan dalam hubungan.

4. Beban dan trauma masa lalu
Hubungan masa lalu, terutama yang meninggalkan luka yang membara dan melibatkan trauma yang belum terselesaikan, dapat membayangi hubungan saat ini. Baik itu sejarah pelecehan, pengabaian, atau manipulasi, beban emosional tersebut tetap ada hingga bisa disembuhkan dan hal ini mempengaruhi persepsi dan kemampuan untuk mempercayai.

5. Kurangnya empati dan pengertian
Membangun rasa kasih sayang, validasi, berempati dengan pengalaman satu sama lain, dan memahami persepsi adalah hal yang penting untuk membentuk pilar kepercayaan yang kuat dalam hubungan. Gagal memiliki ikatan saling dalam di mana keintiman terganggu, dapat menyebabkan perasaan terisolasi dan keinginan tulus untuk tetap bersama.

6. Kurangnya akuntabilitas
Akuntabilitas adalah perilaku yang bertanggung jawab dalam hubungan. Ketika seseorang mulai mencari alasan, mengalihkan kesalahan pada orang lain, mengabaikan tanggung jawab atas tindakan mereka, atau mulai acuh terhadap kebutuhan pasangan, itu adalah indikator bahwa lingkungan tersebut penuh dengan ketidakpercayaan dan kebencian.

7. Kurangnya batasan
Kurangnya batasan atau pelanggaran batasan yang berulang kali adalah salah satu alasan utama hilangnya kepercayaan. Ketika batasan-batasan ini dilanggar atau diabaikan berulang kali, hal itu membawa perasaan tidak percaya, hilangnya keamanan emosional, dan kebencian yang luar biasa.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait