7 Tanda Anda sedang Berada dalam Hubungan yang Toksik

Binsar Hutapea | 3 Juni 2024 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam ranah hubungan antar manusia, penting untuk memelihara lingkungan yang mendorong pertumbuhan pribadi, memberikan dukungan, menjunjung tinggi rasa saling menghormati, dan memahami emosi. Sayangnya, baik hubungan romantis, platonis, maupun keluarga, beberapa hubungan antarpribadi cenderung menyimpang dari ideal dan dapat menjadi toksik atau beracun. Dalam situasi yang merugikan seperti itu, sangat penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda hubungan beracun sebelum membahayakan kesehatan emosional dan mental Anda.

Apa sih sebenarnya hubungan beracun itu? Hubungan beracun dapat ditandai dengan dinamika berbahaya dari pola berulang yang dapat merusak kesehatan psikologis dan emosional pihak yang terlibat. Seringkali ada rasa negatif yang meresap atau ketidakmampuan untuk menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat. Tanda-tandanya dapat mencakup manipulasi, kontrol, ketidakhormatan, atau pelecehan.

Berikut adalah tanda-tanda Anda sedang berada dalam hubungan yang beracun:

1. Kurangnya rasa hormat
Rasa hormat adalah dasar dari setiap hubungan yang sehat. Dalam hubungan beracun, ada pengabaian yang konsisten terhadap batasan, otonomi, atau pendapat. Pasangan mungkin mengejek aspirasi, mengabaikan perasaan atau pendapat, yang dapat menyebabkan perasaan tidak berharga.

2. Kontrol atau manipulasi
Ketika satu pasangan memaksakan kontrol secara paksa, atas tindakan seperti perilaku sosial atau keputusan pribadi dan menggunakan taktik manipulatif seperti gaslighting, pengendalian perasaan bersalah, atau menahan kasih sayang, ini menciptakan ketidakseimbangan dalam hubungan yang sehat yang menunjukkan tanda bahaya.

3. Kritik konstan
Sementara kritik konstruktif penting untuk pertumbuhan dalam hubungan yang sehat, kritik yang terus menerus bisa merugikan. Pasangan mungkin terus-menerus mengkritik pencapaian, perilaku, atau penampilan Anda dan ini bisa menciptakan lingkungan negatif yang membuat Anda kemudian meragukan diri sendiri.

4. Isolasi
Dalam hubungan beracun, satu pasangan mungkin mencoba membatasi pengaruh luar dengan memonopoli waktu dan perhatian. Mereka dapat menghalangi dukungan dari keluarga dan teman.

5. Konflik yang tidak terselesaikan
Meskipun konflik dan komunikasi terbuka sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan dan pertumbuhan, pertengkaran yang memanas terus menerus dan tanpa penyelesaian dapat menjadi beracun.

6. Siklus penyiksaan
Dalam hubungan yang penuh dengan penyiksaan, pelaku mungkin menunjukkan rekonsiliasi pada awalnya dengan berjanji untuk berubah tetapi kembali ke perilaku berbahaya mereka tidak lama kemudian. Siklus keputusasaan ini bisa menjebak korban.

7. Penyiksaan emosional atau fisik
Meskipun meminta maaf dengan sungguh-sungguh, pelaku mungkin mencoba menyakiti korban secara emosional, psikologis, verbal, dan fisik. Sangat penting untuk mengenali tanda-tanda penyiksaan dalam sebuah hubungan seperti ancaman, perilaku mengendalikan, kekerasan fisik, kontrol, atau manipulasi.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait