6 Benda Paling Terlarang Disimpan dalam Boks Plastik

Alam Mary | 7 Juni 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menata rumah semakin seru dengan banyaknya produk wadah plastik nan menggemaskan di pasaran. Selain warnanya yang beragam, bentuknya pun rata-rata estetik. Wadah yang berbentuk boks sering menjadi favorit. Menggunakannya sebagai tempat penyimpanan membuat rumah semakin rapi dan sedap dipandang.

Tapi tahukah Anda, bahwa tidak semua barang boleh bahkan terlarang disimpan dalam boks plastik? Terlebih jika penyimpanan dilakukan dalam jangka waktu lama. Permasalahan utama benda berbahan plastik, adalah mudah lembap dan menyerap bau. Inilah yang membuat wadah plastik tidak diperuntukkan untuk menyimpan semua barang.

Melansir Spruce, berikut 6 benda paling terlarang disimpan dalam boks plastik.

1. Kain halus dan berserat alami 

Benda fashion terbaik Anda yang terbuat dari sutera, renda, kasmir dan wol, lebih baik dijauhkan dari wadah penyimpanan berbahan plastik. Material ini akan mudah rusak dan berbau tidak sedap bila disimpan lama dalam boks plastik. Wadah yang berpori dan memang dikhususkan untuk menyimpan kain menjadi pilihan yang tepat. 

2. Benda yang terbuat dari kulit 

Hampir sama dengan kain halus, benda yang terbuat dari kulit akan mudah berjamur dan retak permukaannya bila disimpan dalam wadah plastik. Sepatu, sabuk, tas, dompet, dan lain-lain akan lebih aman bila disimpan dalam kotak berpori atau ada sirkulasi udaranya agar kualitasnya tetap prima. 

3. Elektronik

Perlengkapan kamera canggih Anda mungkin tidak dipakai setiap hari. Namun jangan sekali-kali menyimpannya dalam boks plastik. Jamur dan kelembapan akan merusak peralatan elektronik hingga ke bagian dalamnya. Tas kain katun berpori pilihan terbaik. Bungkus setiap bagian pentingnya lalu simpan dalam kotak kayu. 

4. Dokumen penting dan foto

Dokumen berharga dan foto terbuat dari kertas. Menyimpannya di dalam boks plastik bisa membuat dokumen dan foto menjadi lengket satu sama lain dan berjamur. Maka tempat terbaik untuk menyimpannya adalah sebuah kotak tahan air dan tahan api seperti kotak peti yang terbuat dari baja. 

5. Makanan hewan peliharaan

Jika Anda termasuk tipe orang yang langsung menumpahkan makanan hewan peliharaan dari kantong ke dalam kontainer plastik, pikir-pikir lagi! Karena kandungan minyak pada makanan kucing atau anjing akan mengendap di bagian bawah boks. Jika stok makanan yang disimpan cukup banyak, endapan lembap ini akan merusak kualitas makanan hewan peliharaan Anda. Aromanya pun menjadi tidak sedap.

6. Bahan makanan

Jika untuk makanan hewan saja tidak boleh, maka wadah plastik pun tidak direkomendasikan untuk menyimpan makanan manusia. Wadah plastik berisiko menularkan kandungan kimia berbahayanya ke makanan. Bahan-bahan makanan kering atau basah akan lebih baik jika disimpan dalam stoples kaca.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait