Bukan Sekadar Garnish, Ini 5 Kebaikan Mentimun untuk Kesehatan

Alam Mary | 9 Juni 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam banyak sajian, keberadaan mentimun sering dianggap sebagai garnish atau hiasan semata. Sebut saja pecel lele, nasi goreng, hingga tumpeng. Tidak sedikit yang menyisakan mentimun di piring laksana sampah, sementara hidangan utamanya telah habis disantap.

Faktanya, terdapat banyak kebaikan mentimun untuk kesehatan. Rasa serta tekstur buah yang tergolong sayuran ini pun sebetulnya nikmat menyegarkan. Bisa berfungsi menghilangkan rasa eneg yang tidak nyaman setelah menyantap beberapa jenis hidangan. Maka sebaik-baiknya potongan mentimun yang nampak seperti hiasan ikut dimakan habis saja. Benar-benar tidak ada ruginya.

Agar semakin teryakinkan bahwa hanya dengan menyantap mentimun, tubuh bisa menjadi lebih sehat, berikut 5 kebaikan mentimun seperti yang dirangkum dari Wion.

1. Mentimun kaya akan nutrisi 

Mentimun termasuk makanan rendah kalori. Mentimun juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang dapat meningkatkan kesehatan. 

2. Mentimun bisa menghidrasi

Mentimun cocok dijadikan camilan saat musim kemarau karena kemampuannya menghidrasi tubuh. Cuci mentimun, potong-potong, makan dalam kondisi segar dan berair. 

3. Mentimun bisa menurunkan berat badan

Sebagai makanan yang mengenyangkan, namun rendah kalori, mentimun akan jadi favorit bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. 

4. Mentimun dapat menurunkan kadar gula darah

Kabar baik bagi penderita diabetes, karena mentimun dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Pastikan untuk memasukkan mentimun ke dalam menu makan harian.

5. Mentimun sebagai obat anti sembelit

Mentimun tinggi serat dan kandungan air. Mereka yang sering bermasalah dengan pencernaan dan ususnya dapat menjadikan mentimun sebagai teman terbaik.

Penulis : Alam Mary
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait