5 Manfaat Mengonsumsi 1 Siung Bawang Mentah Setiap Hari

Binsar Hutapea | 10 Juni 2024 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada beberapa bahan di dapur yang menawarkan banyak manfaat. Salah satunya adalah bawang putih.

Dikenal karena rasa khas dan manfaat kesehatannya, bawang putih telah menjadi bahan pokok dalam hampir semua dapur dan lemari obat selama berabad-abad.

Mengonsumsi bawang putih mentah setiap hari disebut dapat membawa berbagai dampak positif bagi kesehatan. Inilah mengapa menambahkan satu siung bawang putih mentah ke dalam rutinitas harian Anda bisa menjadi pengubah permainan untuk kesehatan Anda.

Berikut adalah 5 manfaat bawang putih: 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Bawang putih kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Bawang putih mengandung vitamin C dan B6, mangan, dan selenium, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Konsumsi bawang putih secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan frekuensi pilek dan flu. Sebuah studi yang melibatkan 146 peserta yang diterbitkan di Perpustakaan Nasional Kedokteran AS menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari memiliki 63 persen lebih sedikit mengalamu pilek dan pilek mereka 70 persen lebih singkat dibandingkan kelompok plasebo.

Membantu menurunkan tekanan darah
Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, adalah penyakit umum yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak diatasi. Bawang putih dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah pada individu dengan hipertensi. Senyawa allicin dalam bawang putih, yang lebih kuat saat mentah, membantu merelaksasi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Studi Experimental and Therapeutic Medicine menemukan bahwa ekstrak bawang putih yang telah diolah sama efektifnya dalam menurunkan tekanan darah seperti Atenolol, obat yang sering diresepkan.

Mengurangi kadar kolesterol
Bawang putih mentah juga dapat berdampak positif pada kadar kolesterol. Bawang putih diketahui dapat menurunkan kolesterol total dan LDL (sering disebut "kolesterol jahat") sambil berpotensi meningkatkan kolesterol HDL ("kolesterol baik"). Sebuah meta-analisis dari 39 uji klinis yang diterbitkan di The Journal of Nutrition menemukan bahwa suplemen bawang putih menghasilkan penurunan yang signifikan pada kadar kolesterol total dan LDL. Ini menjadikan bawang putih tambahan yang berharga untuk diet dalam menjaga kesehatan jantung.

Memiliki sifat antibiotik
Sifat antibakteri dan antivirus bawang putih telah didokumentasikan dengan baik. Senyawa sulfur dalam bawang putih, seperti allicin, memberikan pertahanan alami terhadap berbagai patogen. Ini dapat membantu mencegah infeksi dan bahkan mengurangi keparahan penyakit. Sifat antimikroba bawang putih sangat efektif sehingga dapat melawan patogen bawaan makanan seperti Salmonella dan E. coli.

Membantu detoksifikasi
Senyawa sulfur dalam bawang putih membantu tubuh menghilangkan racun dan logam berat. Bawang putih dapat secara signifikan mengurangi kadar timbal dalam darah dan meringankan gejala toksisitas, seperti sakit kepala dan tekanan darah tinggi. Efek detoksifikasi bawang putih disebabkan oleh kemampuannya untuk meningkatkan produksi glutathione, sebuah antioksidan kuat yang mendukung hati dalam proses detoksifikasi.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait