Jangan Tunggu Sampai Mirip Keset, Ini 6 Tanda Handuk Mandi Harus Segera Diganti

Alam Mary | 11 Juni 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Handuk mandi termasuk salah satu benda rumah tangga yang "capek". Karena handuk mandi dipakai oleh seseorang setiap kali ia mandi dan setiap hari. Mengingat interaksi dengan handuk mandi sangat tinggi, bahkan nyaris-nyaris intim sekali, kebanyakan orang malah terlupa untuk menggantinya dengan yang baru.

Cukup sering terjadi, handuk baru diganti ketika sudah mulai berlubang atau bahkan koyak. Tentu saja pada kondisi ini handuk sudah terlalu terlambat untuk diganti. Penggunanya telanjur terkontaminasi dengan handuk yang jauh dari kata higienis dalam waktu yang cukup lama. Bisa jadi sudah ada gangguan kesehatan kulit dan semacamnya pada diri pemilik handuk tersebut.

Berarti kapan seharusnya handuk mandi sudah harus diganti dengan yang baru? Tentu saja jauh sebelum handuk mulai berlubang dan koyak itu tadi. Ada tahapan-tahapannya sebelum handuk menuju kehancuran yang terlalu nyata. Berikut ini beberapa tandanya yang bisa dikenali seperti dilansir dari The Spruce.

1. Handuk sudah tidak terasa lembut lagi

Handuk yang sudah tidak lembut lagi akan terasa menyakitkan saat diusapkan ke kulit. Handuk yang terasa tidak lembut masih bisa dipertahankan beberapa lama lagi dengan perawatan yang maksimal. Akan tetapi, langsung mengganti dengan yang baru pun tidak masalah. Terutama jika Anda meletakkan kenyamanan di atas segalanya.

2. Handuk sudah kehilangan kemampuan menyerap air 

Hal paling mengesalkan saat menggunakan handuk, yaitu ketika badan tetap terasa basah walau sudah dilap berkali-kali. Langsung menggantung atau menjemur handuk setelah dipakai dapat membantu mempertahankan daya serapnya. Akan tetapi, bila handuk benar-benar tidak mampu menyerap lagi, waktunya mengganti dengan yang baru.

3. Handuk mulai berbau tidak sedap yang permanen

Tanda handuk sudah berbau tak sedap yang permanen, yaitu ketika mencucinya dengan detergen dan pewangi sudah tidak bisa banyak membantu. Bau apak tetap tercium, bahkan saat handuk masih dalam keadaan kering. Ganti handuk baru secepatnya jika hal ini sudah terjadi. 

4. Handuk mulai pudar warnanya 

Handuk mandi biasa hadir dalam warna warni yang cantik. Ketika warnanya sudah terlihat pudar atau jauh dari warna aslinya saat pertama kali membeli, ini menandakan handuk sudah melalui proses cuci jemur yang cukup panjang. 

5. Handuk terlihat menyusut

Handuk yang kondisinya masih prima akan terlihat bervolume atau mengembang. Namun ketika Anda melipat handuk dan hasilnya adalah lipatan yang kaku dan terlihat pipih, ini pertanda handuk sudah menyusut. Bulu-bulu halusnya sudah mengeras dan tajam-tajam, tidak jarang yang sudah rontok. Handuk jadi semakin tipis pada tahapan ini.

6. Handuk terlihat kering dan berjumbai

Sebelum benar-benar dijadikan lap karena sudah berlubang dan koyak, kondisi handuk akan nampak kering dan berjumbai tepiannya seperti tikar rusak. Anda bahkan akan merasa malu untuk menjemurnya di luar rumah. Tidak perlu menunggu kerusakan yang lebih nyata. Segera buang dan beli handuk baru.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait