Jangan Mau Jadi Korban, Ini 4 Cara Terbebas dari Gaslighting

Alam Mary | 13 Juni 2024 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gaslighting secara sederhana dapat dipahami sebagai bentuk kekerasan secara psikologis. Saat menjadi sasaran gaslighting, korbannya bisa sampai mempertanyakan kewarasan atau persepsi mereka tentang suatu realita. Bila berkepanjangan, besar kemungkinan korban akan mengalami stres, gangguan kecemasan, kebingungan, hingga rendah diri.

Pelaku gaslighting biasanya orang terdekat korban, seperti pasangan atau orang tua sendiri. Itu sebabnya, tidak selalu mudah bagi korban untuk mengambil keputusan menjauh atau meninggalkan. Pelaku gaslighting juga seringnya seorang manipulatif yang tidak merasa bersalah. Sehingga cukup mustahil mereka akan mengubah perilakunya.

Maka sebaik-baiknya adalah membangun benteng perlindungan diri dari para pelaku gaslighting. Setidaknya agar kebiasaan buruk mereka tidak sampai merusak mental kita semua. Melansir dari Hindustan Times, berikut 4 cara yang bisa kita lakukan sebagai upaya terbaik agar terbebas dari gaslighting.

1. Bisa membedakan antara kebenaran dan distorsi

Pelaku gaslighting suka sekali memutarbalikkan fakta. Sesuatu yang membuat korbannya merasa kebingungan hingga kemudian meragukan dirinya sendiri. Maka menjadi penting bagi kita untuk sebanyak-banyaknya membekali diri dengan pengetahuan tentang nilai atau prinsip-prinsip kebenaran. Ketika pelaku gasligting mulai melancarkan aksinya, kita akan tetap bisa objektif menyaring dan memilah, membedakan antara kebenaran dan dusta. Tidak mudah digoyahkan keyakinannya. 

2. Latihan kesabaran

Dalam hal ini, latihan kesabaran berguna agar kita tidak terlalu cepat menyalahkan diri sendiri dan mengiyakan setiap perkataan pelaku gaslighting. Hindari membuat keputusan tergesa-gesa akibat pengaruh pelaku gaslighting. Tetap ambil waktu untuk berpikir, pelan-pelan saja. Ingat, sesuatu yang tergesa-gesa hanya akan membuat situasi semakin rumit. 

3. Ciptakan batasan

Tetapkan batasan tentang hal-hal yang bisa Anda toleransi dan hal-hal mana yang benar-benar tidak dapat Anda toleransi. Jika tidak mampu mengingat, maka tuliskan. Pegang erat batasan yang telah dibuat ini untuk mencegah pelaku gaslighting memanipulasi Anda. Misalnya, Anda sudah membuat batasan tidak akan memberi pinjaman hutang kepada siapa pun. Maka ketika ada seseorang melakukan gaslighting agar mendapatkan pinjaman uang, tidak peduli apa pun cara yang dilakukannya, kalimat yang akan keluar dari mulut Anda tetap penolakan yang tegas, "Tidak!" 

4. Cari bantuan

Orang yang memang secara alamiah memiliki ketegasan dan ketetapan hati yang kuat, akan sulit menjadi korban gaslighting. Akan tetapi, jika Anda termasuk yang tidak memiliki posisi kuat untuk melawan, meminta bantuan ahli dapat menjadi solusi. Tidak apa-apa jika Anda memang membutuhkan bantuan. Jangan ragu dan takut mendatangi konselor atau psikolog untuk mendapatkan jalan keluar terbaik.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait