Rencana Pemberian Vaksin COVID-19 Dosis Keempat Mengikuti Skala Prioritas

tabloidbintang.com | 29 Juli 2022 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pemerintah berencana untuk memberikan vaksin COVID-19 dosis keempat. Rencana tersebut akan mengikuti skala prioritas seperti vaksinasi yang dilakukan sebelumnya.

Untuk tahap awal, vaksin dosis keempat diperuntukkan bagi tenaga kesehatan sebagai salah satu kelompok paling rentan terhadap COVID-19. Namun, kedepannya sasaran vaksin dosis keempat dapat diperluas sesuai kebutuhan.

"Sehingga sangat memungkinkan adanya perluasan target sasaran mengingat tidak hanya tenaga kesehatan yang berisiko tertular," Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers secara virtual, Kamis (28/7/2022) yang disiarkan YouTube kanal resmi Sekretariat Presiden.

Pemerintah sendiri, saat ini berfokus melakukan pelaksanaan vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga. Sebagaimana diketahui, bahwa seiring penerapan kebijakan syarat vaksin booster untuk masuk fasilitas publik meningkatkan cakupan booster. Bahkan dalam 1 bulan terakhir terjadi peningkatan booster hingga 70 persen.

"Oleh karena itu tidak bosan-bosan saya sampaikan untuk saling jaga dan saling mengajak kepada masyarakat yang belum booster. Apalagi di tengah peningkatan kasus COVID-19. Mari kita jaga kelompok rentan seperti lansia dan komorbid," tegas Wiku.

Di samping itu, dalam menghadapi kenaikan kasus saat ini, Kementerian kesehatan terus mengupayakan agar pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan di fasilitas kesehatan dapat terlayani dengan baik. Kementerian Kesehatan telah membuat pedoman konversi bed saat keadaan kasus meningkat maupun landai.

"Dan diharapkan tiap daerah dapat mengawasi fasilitas kesehatan yang ada untuk menjalankan pedoman tersebut dengan baik agar mencegah kelalaian penanganan pasien," jelas Wiku.

**

Covid-19.go.id

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait