Gagal Bawa Piala Oscar Membuat Robert Downey Jr. Bersyukur

Supriyanto | 29 Januari 2024 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam film Oppenheimer, akting Robert Downey Jr (RDJ) mendapat pujian hingga masuk nominasi dan kandidat kuat dalam penghargaan Oscar 2024 mendatang untuk kategori Best Supporting Actor. 

Ini bukan pertama kalinya Robert DowneyJr masuk nominasi penghargaan bergengsi, Oscar. Pada 1993 RDJ juga sempat masuk Oscar sebagai Best Actor karena perannya  sebagai Charlie Chaplin di usia 27 tahun.

Sayangnya RDJ gagal membawa pulang piala Oscar 2024 karena kalah dari Al Pacino lewat penampilannya dalam Scent of a Woman (1992). 

Meski demikian, RDJ merasa bersyukur atas kegagalannya membawa pulang Oscar kala itu. Menurut bintang Iron Man itu, jika ia berhasil menang Oscar di usia muda, dirinya akan terlena pada hal-hal buruk yang pernah dilakukannya.

"Saya masih muda dan gila...(Jika saya menang) akan memberi saya kesan bahwa saya berada di jalur yang benar,” ungkap Robert Downey Jr dalam wawancaranya dengan The View di ABC, bersama Joy Behar belum lama ini.

Diketahui bahwa masa muda Robert Downey Jr. berjuang keras melawan narkoba yang telah merusaknya hingga membuatnya tak berkembang, menggagalkan kariernya.

Aktor ini mengalami masalah hukum selama bertahun-tahun karena kecanduannya dan, terlepas dari semua bakatnya, menyulitkan studio untuk mau mempekerjakannya.

Sebelumnya Robert Downey Jr mendapat Golden Globe Awards, untuk nominasi Best Supporting Actor, Motion Picture berkat perannya sebagai Lewis Strauss di film Oppenheimer.

Ini merupakan kemenangan kedua bagi Downey Jr di ajang Golden Globe Awards. Sebelumnya ia meraih penghargaan serupa pada 2009 berkat perannya sebagai Tony Stark atau Iron Man di film Iron Man.

Dalam pidato kemenangannya, Downey Jr berterima kasih kepada sutradara Christopher Nolan atas kesempatan bisa bermain dalam Oppenheimer yang ia akui menjadi film yang berbeda yang pernah ia mainkan.

"Saya sangat berterima kasih kepada Christopher Nolan (sutradara) yang telah memberikan saya kesempatan untuk memerankan sosok yang kompleks dan menantang ini," kata Downey Jr. di Golden Globe Awards.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait