Foto Tak Senonoh Hasil AI Beredar, Media Sosial X Batasi Pencarian Taylor Swift

Binsar Hutapea | 29 Januari 2024 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Platform media sosial X (dulu dikenal sebagai Twitter) memblokir penggunanya mencari foto-foto AI (kecerdasan buatan) tak senonoh Taylor Swift. Pekan lalu, dunia maya dihebohkan oleh gambar-gambar eksplisit secara seksual penyanyi pop tersebut beredar luas di X .

Pencarian nama Taylor Swift pada Minggu (28/1) sore di platform X megalami error dan muncul pesan "Ada yang salah. Coba muat ulang."

"Ini adalah tindakan sementara dan dilakukan dengan karena kami mengutamakan keamanan dalam masalah ini," kata Joe Benarroch, Kepala Operasi Bisnis X, dalam sebuah pernyataan.

Taylor Swift (Depositphotos)

Sementara itu, Juru Bicara Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, menyebut peredaran foto palsu Taylor "mengkhawatirkan" dan mengatakan bahwa perusahaan media sosial memiliki tanggung jawab untuk mencegah penyebaran informasi palsu tersebut.

Jean-Pierre juga mengatakan dalam konferensi pers Sabtu (27/1) bahwa penegakan yang kurang ketat terhadap foto palsu yang diciptakan oleh AI sangat memengaruhi perempuan.

Salah satu foto palsu tak senonoh Taylor yang dibagikan di X dilihat 47 juta kali. Akun yang mengunggah foto tersebut kemudian dibekukan, menurut laporan New York Times.

Pembatasan pencarian terhadap kata Kunci Taylor Swift muncul sebelum pertandingan playoff National Football League (NFL) antara Kansas City Chiefs dan Baltimore Ravens pada Senin (29/1) pagi ini. Pertandingan tersebut dihadiri Taylor Swift, yang sedang berkencan dengan pemain Chiefs, Travis Kelce.

Sejak mengakuisisi Twitter pada tahun 2022, miliarder Elon Musk dikritik karena banyak posting kontroversialnya dan upayanya untuk mengubah kebijakan moderasi konten platform tersebut. Karenanya, banyak pengiklan di platform tersebut kemudian hengkang.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait