Adeline Windy Menekuni Yoga Setelah Mengalami Cedera Tulang Ekor

Indra Kurniawan | 11 Februari 2017 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada anggapan yoga olahraga mahal, hanya dilakukan kelas ekonomi menengah ke atas.

Praktisi yoga atau lebih dikenal dengan sebutan yogi bermunculan untuk mematahkan stigma itu. Adeline Windy (35) salah satunya. Ia memperkenalkan yoga kepada masyarakat luas dengan melakukannya di tempat terbuka seperti di taman-taman Ibu Kota. Gratis!

Ketertarikannya pada yoga bermula ketika mengalami cedera tulang ekor, akibat terjatuh dari tangga rumah setinggi 2 meter dengan posisi terduduk. Kejadian itu dialami Adelina pada 2002, saat duduk di bangku kuliah.

“Karena licin, saya jatuh menggelinding dan sampai di bawah terduduk. Saya merasakan sakit pada tulang ekor,” cerita Adeline ketika ditemui Bintang di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta. 

Bertahun-tahun mengandalkan tukang urut satu dan yang lain, cederanya tak kunjung membaik.

“Pada 2008, ibu saya menyarankan ikut yoga. Kata ibu, kamu kuliah, kan bawa ransel berat, daripada nanti kumat, berlatih yoga saja. Dipanggillah private teacher untuk latihan yoga,” cerita Adeline.

Tidak cukup latihan yoga di rumah, Adeline mengikuti kelas yoga di beberapa tempat. Berkat yoga, cedera tulang ekor Adeline berangsur pulih.

“Memang enggak bisa sembuh 100 persen. Tapi saya belajar, supaya enggak sakit harus melakukan gerakan yoga yang mana. Supaya enggak pegal harus melakukan gerakan yoga yang mana. Pada 2011, saya ikut Komunitas Yoga Gembira di Taman Suropati Jakarta,” jelas Adeline.

Merasakan manfaat yoga, Adeline memutuskan ikut workshop sampai masuk sekolah teacher training di Jakarta untuk mengenal yoga lebih dalam. Mengantongi bekal dan pengalaman yoga yang cukup, Adeline terjun sebagai instruktur.

“Saya mengajar yoga secara freelance. Belum full time, karena saat itu saya masih kerja kantoran,” kata Adeline.

Agar pengetahuan dan gerakan yoganya semakin mantap, pada 2014 ia mengambil kelas teacher training lagi.

Tahun itu, ia mengundurkan diri dari tempatnya bekerja. “Pada 2015 saya mengajar yoga full time,” sebutnya.

Adeline saat ini mengajar di Fitness Embassy di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan – sebelumnya di Rumah Yoga Studio dan Kalyana Yoga Studio. Ia juga menjadi host acara Peace of Mind di DAAI TV. 

 

(ind/gur)

 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor : Indra Kurniawan