Payung Tedung Haruskan Pengcover Akad Minta Izin, Bagaimana Video Via Vallen?

Nanda Indri Hadiyanti | 29 September 2017 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Belum lama ini vokalis Payung Teduh, Mohammad Istiqamah atau Is lewat instagram menyatakan keresahan tentang banyaknya musisi yang mengcover lagu Akad. Dia memperingatkan para musisi yang mengcover lagu Akad, untuk meminta izin terlebih dahulu. Pasalnya banyak pengcover lagu yang membuat video untuk kepentingan bisnis.  

"Ada yang sudah produksi, sudah rekaman, sudah jualan di Spotify, di iTunes tanpa seizin kami, lalu perform di TV tanpa seizin kami, nggak apa-apa, masalahnya tapi izin aja. Namun ketika sudah lebih jauh, ya mohon maaf kami harus bersikap, kayak di Youtube juga sudah banyak banget, sudah meraup keuntungan mungkin," ujar Is di instagramnya, baru-baru ini.

Lalu bagaimana nasib artis-artis yang sudah membuat cover lagu Akad milik Payung Teduh? Salah satu yang membuat cover lagu Akad adalah pedangdut Via Vallen. Via awalnya hanya menyanyikan lagu Akad lewat aplikasi Smule. Kemudian mempostingnya di instagram. Karena banyak permintaan ingin melihat versi penuhnya, Via Vallen kemudian mengunggahnya di youtube. 

Video cover itu diunggah pada 5 September lalu di channel Via Vallen Official dan sudah dilihat lebih dari 2.8 juta kali. Video itu disukai lebih dari 25 ribu penonton dan sudah mengumpulkan lebih dari seribu komentar. Cover lagu Akad Via Vallen ini salah satu yang paling banyak dilihat di Youtube. Selain Via, cover lagu Akad Hanin Dhiya juga laris di Youtube. bahkan mengumpulkan viewer lebih banyak dari video klip aslinya. Video Hanin sudah mencapai 29 juta penonton, dan video aslinya baru 19 juta penonton. 


(nda/yb)

 

Penulis : Nanda Indri Hadiyanti
Editor : Nanda Indri Hadiyanti