[RESENSI FILM] Hangout, Raditya Dika Hengkang Dari Zona Nyaman

Wayan Diananto | 1 Januari 2017 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Inilah momen ketika Raditya Dika tak lagi identik dengan jomblo, galau, dan petuah move on. Hangout, bentuk migrasi Dika dari teritorial cinta ke wilayah antah-berantah. Di wilayah asing itu, ada kosakata baru yang jauh dari cinta: pembunuhan.

BACA: Menyambut Tahun Baru, Cobalah 3 Inspirasi Resep Ayam Bakar Ini

Dika (Raditya) mendapat undangan khusus dari seorang pengusaha untuk berkunjung ke vila di sebuah pulau terpencil untuk membahas proyek layar lebar.

Tidak main-main, si pengusaha telah mentransfer uang muka 50 juta rupiah kepada Dika. Dari Jakarta, Dika diantar dengan kapal pesiar menuju pulau. Proyek ini sangat menjanjikan. Pasalnya, sejumlah bintang papan atas ikut terlibat.

Mathias Muchus, Soleh Solihun, Titi Kamal, Prilly Latuconsina, Dinda Kanyadewi, Gading Marten, Surya Saputra, hingga Bayu Skak. Semua baik-baik saja hingga jamuan makan malam tiba. Mathias tewas akibat keracunan. Beberapa jam berselang, Prilly Latuconsina terperosok dari tebing dan meregang nyawa. Satu demi satu pemain tewas. Siapa sebenarnya pengusaha dan jagal yang membantai para artis Ibu Kota.

Hangout upaya Dika keluar dari zona nyaman. Dika menantang diri sendiri untuk menulis genre di luar buku-buku best seller-nya selama ini. Keluar dari zona nyaman bukan berarti berubah 180 derajat menjadi orang lain. Dalam thriller yang mengingatkan kita pada keagungan Scream dan I Know What You Did on Last Summer itu, Dika menyisipkan banyak lelucon. 

Beberapa candaan bekerja efektif mencairkan suasana. Di antaranya ada beberapa yang akan diuji oleh waktu. Apakah sekian tahun kemudian, candaan seperti itu masih relevan? Misalnya, sumpah serapah soal Dahsyat melawan Inbox. Sepuluh tahun lagi, masih ingatkah kita pada acara musik pagi hari itu? Atau candaan soal Instagram. Akankah sepuluh tahun lagi, Instagram masih meledak atau bernasib sama seperti Friendster?

Jika tak relevan lagi, Hangout setidaknya akan menjalankan fungsi sebagai komedi penanda zaman. Ia mengingatkan kita akan era dimana beberapa ikon acara dan media sosial pernah berjaya. Hal lain yang patut diapresiasi, kepintaran Dika menyimpan selubung misteri dan mempertahankan kelucuan hingga menit-menit akhir. Secara keseluruhan, Hangout terasa fresh. Ini kejutan besar dari sang duta cinta untuk para pengikutnya. Daripada melolong karena galau, menjeritlah karena takut yang bermetamorfosis menjadi risau. 


Pemain    : Raditya Dika, Soleh Solihun, Mathias Muchus, Titi Kamal, Prilly Latuconsina, Surya Saputra, Dinda Kanyadewi, Gading Marten, Bayu Skak
Produser    : Gope T. Samtani
Sutradara    : Raditya Dika
Penulis    : Raditya Dika
Produksi    : Rapi Films
Durasi        : 1 jam 41 menit

 

(wyn/gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor : Wayan Diananto