Memakai Masker Membuat Anda Terlihat Lebih Menarik, Begitu Kata Satu Penelitian

Redaksi | 19 Januari 2022 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Malas pakai masker? Ini ada alasan bagus yang bisa membuat Anda makin semangat mengenakan masker. Sebuah penelitian yang ditemukan dalam jurnal Cognitive Research: Principles and Implications, peneliti Oliver Hies dan Michael B. Lewis dari Universitas Cardiff menemukan bahwa orang terlihat lebih menarik ketika mereka mengenakan masker.

Dikutip dari mashable.com, studi yang dilakukan sebelum pandemi menunjukkan bahwa masker wajah dikaitkan dengan penyakit. Tapi itu dulu, sebelum pandemi Covid-19. Sekarang kondisinya berbeda. Sejak pandemi, memakai masker wajah telah meningkatkan daya tarik yang dirasakan seseorang. Hal ini diyakini sebagai akibat dari oklusi, karena fitur wajah negatif dapat dengan mudah ditutupi dengan masker.

Studi yang dilakukana oleh Hies dan Lewis menunjukkan faktor lain. "Studi kami menunjukkan bahwa wajah dianggap paling menarik ketika ditutupi oleh masker medis. Ini mungkin karena kami terbiasa dengan petugas kesehatan yang memakai masker biru dan sekarang kami menghubungkannya dengan orang-orang yang peduli atau profesi medis. Pada saat kita merasa rentan, kita mungkin merasa bahwa pemakaian masker medis menenangkan dan dengan demikian merasa lebih positif terhadap pemakainya," ujar mereka, seperti dikutip dari mashable.com.

Partisipan wanita dalam penelitian ini diperlihatkan empat gambar pria yang sama dengan penutup wajah yang berbeda: masker medis, masker kain, buku yang menutupi separuh wajahnya, dan terakhir, tanpa penutup sama sekali. Gambar dengan masker medis mendapat skor tertinggi untuk daya tarik. Bahkan gambar dengan masker kain mendapat skor yang jauh lebih tinggi daripada gambar tanpa masker sama sekali.

Lewis menyatakan bahwa pandemi telah mengubah psikologi kita. Kita tidak lagi merasa perlu untuk menjauh dari seseorang yang bertopeng (mengenakan masker). "Sekarang kita dapat mengamati perubahan dalam psikologi kita bahwa masker wajah tidak lagi bertindak sebagai isyarat kontaminasi." Lewis juga mengakui kemungkinan bahwa masker wajah membuat orang lebih menarik karena mengarahkan perhatian ke mata. Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa menutupi kedua sisi wajah juga dapat membuat orang lebih menarik, sebagian karena otak kita mengisi celah yang hilang dan ini dapat membesar-besarkan dampak keseluruhan.

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi