Dari 94 Judul yang Dimainkan, Tom Hanks Sebut Cuma 4 Film yang Menurutnya Terbaik

Supriyanto | 1 Oktober 2022 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tom Hanks merupakan aktor dan produser dengan banyak penghargaan di Hollywood. Selama 30 tahun lebih berkecimpung di industri film ia sudah menggasilkan 94 judul film yang dibintangi dan 54 di antaranya diproduseri sendiri.

Dalam novel The Making of Another Major Motion Picture Masterpiece, Tom Hanks memberi pengakuan soal film yang menurutnya terbaik di antara karyanya.

“Tak ada yang tahu bagaimana sebuah film itu dibuat meskipun semuanya merasa mereka tahu. Aku sudah membuat begitu banyak film (dan empat diantaranya sangat bagus, aku pikir) dan aku masih terpana bagaimana hingga film itu menjadi utuh. Dari sebuah potongan ide menjadi gambar bergerak di layar, semua proses itu adalah keajaiban,” ungkap Tom Hanks di dalam novel The Making of Another Major Motion Picture Masterpiece.

Peraih piala Oscar itu tudak menampik dalam setiap membuat film selalu ada tantangan baru. Meski berpengalaman, ia tetap menemukan kesulitan.

“Membuat film adalah pekerjaan sulit yang memakan waktu sangat lama dan terdiri dari begitu banyak momen kegembiraan yang dihadapkan dengan perasaan membenci diri sendiri dalam jumlah yang sama. Ini adalah pekerjaan terbesar di dunia dan pekerjaan yang paling membingungkan yang saya tahu," beber Tom Hanks.

Tom Hanks menegskan selama berkarier, film terbaik yang pernah dibuatnya adalah Forrest Gump, Cloud Atlas, A League of Their Own dan Cast Away. Urutan itu pun dibuat berdasarkan pengalaman pribadinya selama syuting dan setelah menyaksikan film tersebut.

Tidak hanya itu, Tom Hanks juga mengungkap sejak awal menggarap Forrest Gump sudah berpikir untuk membuat kelanjutannya. Namun di luar dugaan, justru kesuksesan Forrest Gump membuat rencana membuat sekuel kandas.

“Aku akan mengatakan dalam perjalanan waktu di fase (Forrest Gump), kami sempat membahas soal membuat Forrest Gump lain yang hanya berdurasi selama 40 menit. Namun kami tak pernah melakukannya,” ungkap Tom Hanks.

Tom Hanks pun bersyukur karena ia tak pernah memiliki kewajiban untuk kembali memerankan peran ikonisnya pada 1994 itu selain di film tersebut. Hal ini pun dianggapnya sebagai salah satu tindakan cerdas yang pernah dilakukannya di dalam karirnya tersebut.

"Hal cerdas yang saya lakukan adalah saya tidak pernah menandatangani kontrak yang memiliki kewajiban kontrak untuk sekuel," kata Hanks. “Saya selalu berkata, 'Teman-teman, jika ada alasan untuk melakukannya, ayo lakukan. Tapi kalian tidak bisa memaksa saya.' Ada kecenderungan alami yang merupakan salah satu (ungkapan di) industri yang mengatakan, 'Hei, Anda baru saja membuat hits, jadi lakukan lagi, dan Anda akan mendapat hits,’” pungkas Tom Hanks.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait