Bicara Seks dengan Anak, Beberapa Pertanyaan yang Tak Mudah Dijawab

Redaksi | 14 Desember 2021 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selama tahun-tahun usia sekolah, anak Anda mungkin mulai mengajukan pertanyaan spesifik tentang seks. Tidak yakin harus menjawab apa? Pertimbangkan panduan ini untuk mendiskusikan seks dengan anak usia sekolah Anda, seperti dikutip dari laman mayoclinic.

Balita dan anak-anak prasekolah sering kali puas dengan jawaban samar atas pertanyaan tentang dari mana bayi berasal. Tapi anak-anak usia sekolah cenderung mengajukan pertanyaan lebih spesifik tentang hubungan antara seksualitas dan melahirkan.

Ketika pertanyaan anak Anda tentang seks menjadi lebih kompleks, atau membuat tak nyaman, mungkin akan mencari dari teman atau sumber informasi lain.

Ketika anak usia sekolah Anda bertanya tentang seks, tanyakan apa yang sudah dia ketahui. Perbaiki kesalahpahaman apa pun, dan kemudian berikan detail yang cukup untuk menjawab pertanyaan spesifik. Jangan menertawakan pertanyaan anak Anda atau menggunakan nama panggilan untuk anatomi seksual anak Anda, yang dapat mengirimkan sinyal bahwa bagian tubuh ini tidak boleh didiskusikan.

Beberapa contoh pertanyaan anak soal seks yang harus dijawab dengan cara yang tepat..

Apa itu ereksi? 

Anda mungkin berkata, "Penis biasanya lunak. Tapi terkadang menjadi keras dan berdiri. Ini disebut ereksi." Jelaskan bagaimana ereksi bisa terjadi saat tidur atau saat penis disentuh. Ini mungkin juga waktu untuk menggambarkan mimpi basah.

Apa itu Menstruasi? 

Jelaskan bagaimana menstruasi merupakan bagian penting dari siklus reproduksi dan bagian normal dari masa pubertas. Tawarkan deskripsi tentang perdarahan menstruasi dan produk kebersihan kewanitaan. Anda mungkin berkata, "Pada anak perempuan, menstruasi berarti tubuh sudah cukup matang untuk hamil."

Bagaimana orang berhubungan seks? 

Jika anak Anda bertanya-tanya tentang mekanisme seks, jujurlah. Anda mungkin berkata, "Ketika seorang pria dan seorang wanita berhubungan seks, penisnya masuk ke dalam vagina. Jenis seks ini bisa membuat bayi." Pertimbangkan untuk menggunakan buku dengan ilustrasi atau diagram untuk membantu anak Anda memahami.

Apa itu masturbasi?

Anda mungkin berkata, "Masturbasi adalah ketika Anda menggosok diri sendiri di area genital." Ingatkan anak Anda bahwa masturbasi adalah aktivitas yang normal — tetapi bersifat pribadi.

Bahkan jika Anda tidak nyaman, terus maju. Ingat, Anda sedang menyiapkan panggung untuk diskusi terbuka dan jujur ​​di tahun-tahun mendatang. Pertimbangkan siapa yang terbaik untuk mendidik anak Anda? Anda atau TV, internet atau teman anak Anda? Tentu saja jawabannya adalah Anda.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait