Pentingnya Melakukan "Detoks" Keuangan Pasca Lebaran

tabloidbintang.com | 4 Mei 2022 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tak terasa momen Lebaran telah berlalu, yang berarti waktu liburan telah usai. Biarlah waktu liburan habis, asalkan uang Anda tidak ikut habis.

Meskipun tidak habis, namun biasanya kondisi keuangan Anda menipis. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan detoks keuangan untuk menstabilkan kondisi keuangan Anda. Berikut langkah-langkah untuk melakukan detoks keuangan, menurut Prita Ghozie, Principal Consultant di ZAP Finance, dikutip dari rilis Nescafe Dolce Gusto:

Evaluasi dana darurat

Selama libur lebaran, biasanya pengeluaran langsung membengkak karena munculnya pengeluaran untuk jajan dan makan di luar rumah. Jika sampai uang di rekening mulai menipis, coba evaluasi dana darurat yang telah disiapkan. Untuk menutup biaya wajib seperti membayar pinjaman, ambillah dari pos ini.

Stop kartu kredit

Menurut Prita penyebab utama bocor halus dalam keuangan adalah kartu kredit untuk berbagai keperluan yang tidak penting. Tanpa disadari, tagihan kartu kredit akan membengkak. Jadi, jika memang sulit untuk mengendalikan diri, lebih baik tinggalkan saja kartu kredit di rumah.

Buat rencana pengeluaran bulan depan

Tetapkan biaya harian yag akan dikeluarkan selama tiga bulan ke depan pasca libur lebaran. Agar disiplin dalam perencanaan, tempatkan alokasi dana di beberapa rekening yang terpisah. Alokasi pos pengeluaran juga sebaiknya dibagi untuk pos biaya wajib (membayar pinjaman, gaji asisten, uang sekolah anak), pos biaya hidup bulanan (belanja harian, biaya telekomunikasi, biaya transportasi), dan pos pengeluaran gaya hidup (biaya jajan di luar rumah, biaya perawatan, salon, biaya ngopi dan ngeteh di kafe, dan lainnya). Rincian pengeluaran sebaiknya dibuat sespesifik mungkin.

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait