Yuk Pelajari Fitur Lengkap Absensi Kehadiran Talenta by Mekari

Infomercial | 25 Juli 2022 | 13:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Absensi kehadiran menjadi penting adanya untuk menjalankan suatu aktivitas dengan baik, salah satunya para perusahaan. Ada banyak perusahaan yang kini sudah menggunakan absensi kehadiran berbasis online. Hal ini guna menunjang kemudahan dan keefektifan pada pelaksanaannya. Akan tetapi, sebelum Anda berbasis online tentunya zaman dahulu menggunakan manual. 

Walaupun manual tetap saja membawa kebermanfaatan pada zamannya. Maka dari itu, untuk mengenal lebih dalam mengenai absensi kehadiran Anda bisa memperhatikan beberapa hal di bawah ini. 

Apa Itu Absensi Kehadiran?

Secara mudahnya Anda akan memahami jika absensi kehadiran merupakan sebuah kartu Kehadiran dengan konsep dokumen yang mencatat keberadaan setiap karyawan dalam sebuah perusahaan. 

Biasanya daftar kehadiran oleh  karyawan ini dapat berupa daftar kehadiran reguler atau  bentuk daftar kehadiran yang diisi terhadap suatu alat pencatat waktu. Semua tergantung pada kebijakan dan pengelolaan dari perusahaan masing-masing. 

Yang perlu Anda tahu juga mengenai pekerjaan dalam pencatatan waktu dasarnya mempunyai  dua bagian, yakni sebuah waktu kerja dan waktu kehadiran. Oleh sebab itu, absensi kehadiran akan melakukan perekaman terhadap  kartu jam kehadiran yang disediakan terhadap setiap karyawan. Pada perekaman itu juga akan memberikan mempengaruhi terhadap gaji bersih atau gaji keseluruhan yang diterima oleh karyawan setiap bulan.

Hal itu dikarenakan jika seorang karyawan lupa akan waktu kehadiran dengan kartunya, makan  jam kerja saat itu tidak dapat terekam oleh sistem dan inilah yang akan mempengaruhi  komponen gaji, khususnya kontribusi karyawan kepada perusahaan seperti lembur, tunjangan dan lain sebagainya tidak dapat terekam dengan baik. 

Maka, dapat disimpulkan bahwa absen secara harfiah mempunyai arti tidak hadir. Lalu, absensi kehadiran merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menunjukkan proses pendataan kehadiran baik di sekolah maupun di tempat kerja. 

Oleh sebab itu, absensi kehadiran karyawan sudah dapat dipastikan bahwa sebuah data yang berisi data kehadiran karyawan di sebuah perusahaan dalam setiap hari kerja. Biasanya data tersebut akan mencakup jam kedatangan dan kepulangan karyawan yang ada.

Jenis Absensi  Kehadiran Karyawan

Setelah Anda mengetahui apa itu absensi karyawan sebenarnya, seperti yang sudah dijelaskan  sebelumnya bahwa sebelum online absensi kehadiran karyawan mempunyai jenis yang berbeda. Oleh karena itu, inilah beberapa jenis absensi karyawan yang bisa Anda lihat dari perkembangan zaman yang ada. 

1. Absensi Manual

Pasti semua diawali dengan sistem manual, termasuk pula pada absensi karyawan. Jenis pertama dari segala jenis absensi kehadiran karyawan yaitu dengan cara manual. Biasanya jenis yang satu ini kerap digunakan pada tempat kerja yang relatif kecil atau karyawannya dalam jumlah kecil. 

Dimana nantinya para karyawan harus menuliskan satu persatu catatan kehadirannya secara mandiri pada buku yang sudah disediakan dari tempat kerja tersebut. Memang hanya bermodal buku saja dan tergolong hemat biaya, akan tetapi jenis ini sungguh tidak cocok untuk perusahaan besar karena kurang efektif dan juga kemungkinan adanya kecurangan dalam presensi. 

2. Magnetic Card

Jenis kedua setelah manual ada sistem absensi kehadiran karyawan menggunakan magnetic Card. Jenis inilah yang setidaknya cocok digunakan untuk beberapa perusahaan besar. Alasannya karena cara yang digunakan modern, sehingga akan membuat karyawan dan perusahaan berjalan dengan efektif.

Kemudahannya dapat dilihat dari penggunaannya yang hanya menempelkan atau menggesekkan kartu ke mesin. Di sana nanti mesin akan mendata secara langsung datang kehadiran karyawan tersebut. Selain canggih dan juga mudah dalam penggunaannya, jenis ini juga dapat dikatakan lebih murah dibanding sistem manual yang karena tidak membutuhkan kertas yang banyak. 

3. Fingerprint 

Jenis selanjutnya datang dari Teknologi yang lebih canggih dan baru dengan nama fingerprint. Sama seperti jenis sebelumnya, bahwa jenis ini tergolong modern dan mudah digunakan karena karyawan cukup menempelkan jari lalu sistem akan langsung menyimpan data kehadiran. Tentunya jenis ini lebih bisa dikatakan aman dari pada jenis ketiga, karena menggunakan sidik jari, dengan begitu karyawan akan sulit untuk melakukan kecurangan.

4. Web dan Aplikasi

Satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara web dan aplikasi, biasanya jenis ini akan saling mengikuti. Artinya jika menggunakan web secara otomatis akan menggunakan aplikasi. Teknologi modern yang lebih cocok untuk digunakan perusahaan besar dibandingkan dari tiga jenis sebelumnya. 

Apalagi jika perusahaan tersebut menggunakan sistem kerja remote, maka dapat mengakses presensi dari mana saja. Caranya setiap karyawan akan mendapatkan username id dan password-nya masing-masing dengan begitu karyawan bisa masuk pada sistemnya tersebut. 

Perbedaan Antara Absensi Kehadiran Online Dengan Absensi Karyawan Manual

Pasti Anda semua sudah tahu jika sistem manual digunakan sejak dahulu dalam kegiatan apapun, baik itu usaha yang berbasis kecil hingga besar. Karena dulunya sistem operasional absensi kehadiran manual  hanya sebatas menggunakan peralatan sederhana seperti kertas atau daftar sederhana yang isinya tercantum informasi nama karyawan serta keterangan pukul berapa karyawan melakukan absen tersebut. 

Tentunya sudah dapat dilihat perbedaannya dengan sistem absen online yang menggunakan media digital. Ditambah lagi sistem absensi kehadiran secara manual merupakan sistem paling ampuh untuk merekam data kehadiran para karyawan, akan tetapi harus dilakukan secara konsisten.

Jadi, harus dipastikan bahwa karyawan harus benar-benar hadir sebelum beberapa saat jadwal kantor mulai beroperasi agar dapat bekerja dengan tepat waktu tanpa mengganggu waktu bekerja.

Tak sampai disitu saja, akan tetapi karyawan juga harus melakukan antrian yang panjang jika karyawan dalam jumlah besar dengan cara yang tertib dan efektif. Dengan begitu akan terlihat kondusif dan rapi.  Perbedaannya dari sistem online, Anda sebagai karyawan dapat melakukan absen  kapanpun dan dimanapun tanpa menunggu antrian.

Di sisi lain, sistem absensi kehadiran karyawan online saat ini sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan karena telah dianggap mempunyai nilai plus tersendiri. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika ingin menggunakan sistem ini maka perusahaan akan menggunakan sebuah software atau aplikasi khusus untuk mengelola absensi.

Dengan begitu nantinya sistem absensi kehadiran karyawan online hanya membutuhkan sebuah media ponsel dan jaringan internet yang lancar agar bisa berjalan dengan lancar. Perbedaan selanjutnya akan ditemukan pada  keakuratan data. Pada sistem absen online mempunyai tingkat keakuratan data yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pada sistem absensi manual.

Hal ini disebabkan karena absensi berbasis online biasanya akan menggunakan aplikasi atau software khusus, sehingga cenderung dapat meningkatkan akurasi dari data yang tinggi dan mengurangi kesalahan yang mungkin dapat terjadi oleh faktor manusia.

Jelas Hal ini berbeda dari sistem absensi kehadiran karyawan selasa manual, karena manual akan cenderung beroperasi menggunakan tenaga manusia, dengan demikian sistem ini tidak bergantung pada sumber tenaga listrik yang digunakan untuk operasional seperti komputer atau media lainnya. Sehingga, dapat dilihat bahwa sistem online ini akan menimbulkan kekurangan yang cukup signifikan, seperti keakuratan data yang rendah serta faktor human error.

Perbedaan terakhir yang cukup signifikan bisa terjadi yaitu perekapan data. Pada sistem absen online ini Anda akan lebih dimudahkan dalam proses perekapan data, karena melalui fitur dari web akan mudah untuk dilakukan dibandingkan dengan manual. Hal itu bisa terjadi karena semua data yang tersimpan dalam sistem sudah tersusun rapi dan terperinci. Berbeda halnya dengan sistem manual yang harus melakukan rekapan secara mandiri. 

Manfaat Absensi Karyawan

Seperti kebanyakan sistem yang ada, absensi kehadiran karyawan yang merupakan sebuah sistem ini juga menawarkan banyak manfaat atau fungsi. Sistem ini bukan hanya untuk mendata kehadiran semua karyawan yang ada, akan tetapi juga ada tujuan lain yang perlu Anda tahu. 

Maka dari itu, inilah beberapa manfaat atau fungsi yang bisa Anda lihat dari pendataan terhadap kehadiran karyawan, perusahaan dan HRD akan lebih mudah mengatur hak karyawan dan mengawasi kinerja para karyawan.

1. Pendataan Kehadiran Karyawan

Manfaat pertama yang bisa dirasakan yaitu pendataan kehadiran karyawan. Pendataan yang dimaksud seperti mencatat data hadir dan absen setiap karyawan perusahaan. Hal ini tentunya akan mempermudah pekerjaan team yang berhubungan dengan sumber daya manusia untuk  mengatur keperluan terkait karyawan seperti gaji, mencatat sisa jatah cuti karyawan dan lainnya. 

2. Menghitung Gaji Karyawan

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda lihat yaitu  menghitung gaji karyawan. Hal ini akan terhubung dengan sistem, sehingga untuk berbagai hal terkait gaji seperti  pemotongan gaji karena cuti, biasanya dihitung dari gaji perhari dalam satu bulan. Hal inilah yang mendasari perhitungan gaji bisa terlaksana dengan baik. 

3. Mengawasi Produktivitas Karyawan

Manfaat ketiga yang bisa Anda rasakan dari adanya absensi kehadiran karyawan yaitu berguna untuk mengawasi produktivitas karyawan. Tentunya sudah Anda tahu bahwa kinerja yang buruk atau produktivitas yang menurun dapat mempengaruhi jalannya perusahaan. Oleh sebab itu, team perusahaan bagian sumber daya manusia akan mengelola para karyawan dengan data tersebut untuk pengawasan.

4. Menghindari Kecurangan

Jangan lupakan manfaatkan lain yang diberikan yaitu untuk menghindari kecurangan. Adanya sistem absensi karyawan ini akan membantu Anda dalam mengelola atau menghindari dari adanya  kecurangan dari karyawan. 

Oleh sebab itu, tidak memberlakukan absensi atau presensi dapat memungkinkan terjadinya kecurangan yang berhubungan dengan masalah kehadiran itu sendiri. Akan ada rasa yang timbul seperti  tidak masalah tidak hadir karena tidak akan diketahui oleh perusahaan.

Rekomendasi Sistem Absensi Karyawan

Buat Anda yang mencari solusi dari permasalahan absensi  kehadiran karyawan, Anda bisa memakai sistem yang ditawarkan oleh Talenta by Mekari.com di https://www.talenta.co/fitur/absensi-online/. Talenta Mekari.com ini akan membantu Anda dalam memudahkan aktivitas laporan kehadiran karyawan yang lebih mudah, aman dan terintegrasi dengan laporan lainnya.

Selain itu, tentunya ada beberapa produk lain yang bisa Anda pilih untuk menunjang pengembangan usaha seperti software payroll dan HRIS terautomasi, software pengelolaan pajak online  aplikasi Omni Channel CRM terbaiknya, apa lokasi personalisasi benefit karyawan dan tentunya software akuntansi online terintegrasi itu sendiri. 

Ditambah  harga yang terjangkau sesuai dengan fasilitas yang diberikan, tidak hanya itu saja Mekari.com juga menawarkan beberapa kursus yang dapat Anda jadikan pengalaman baru sebelum usaha Anda berkembang lebih pesat di kemudian hari.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat jadwal untuk konsultasi terlebih dahulu di Talenta by Mekari.com untuk mendapatkan sistem absensi kehadiran karyawan terbaik.

Penulis : Infomercial
Editor: Infomercial
Berita Terkait