Pantau Kehadiran Karyawan dengan Absen Mobile: Keuntungan, Fitur Penting dan Rekomendasi Aplikasi

Infomercial | 25 Juli 2022 | 14:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu pengaturan penting yang sering menjadi masalah bagi perusahaan maupun instansi adalah pencatatan kehadiran karyawan. Terutama bagi instansi atau perusahaan besar, pencatatan kehadiran karyawan akan lebih mudah jika menerapkan sistem absen mobile.

Penggunaan sistem pencatatan kehadiran online bagi perusahaan dan instansi dianggap lebih menguntungkan karena perusahaan dapat melihat kehadiran karyawan secara real time. Selain itu, aplikasi juga memudahkan perusahaan menghitung gaji karyawan berdasarkan jumlah kehadiran selama sebulan.

Tanpa adanya sistem absen mobile, pihak HR perusahaan harus menghabiskan waktu yang sangat lama untuk mencatat kehadiran tenaga kerja. Belum lagi adanya risiko kecurangan yang mungkin dilakukan sebagian pekerja saat absensi tentu akan sangat merugikan perusahaan. 

Mengenal Sistem Absensi Mobile untuk Kehadiran Karyawan

Sistem absensi secara online adalah sistem pencatatan kehadiran karyawan perusahaan dan instansi secara online sehingga tercatat real time dan tersimpan lebih aman. Data kehadiran karyawan direkap di dalam database berbasis cloud sehingga data yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang. 

Sistem absensi secara online akan melakukan rekap kehadiran karyawan secara lengkap mulai dari waktu kehadiran, waktu pulang dan juga ketidak hadiran karyawan. Dari aplikasi ini bisa dilihat status ketidak hadiran karyawan yang bersangkutan apakah izin cuti, sakit atau karena bolos tanpa alasan. 

Dengan adanya sistem rekap otomatis, maka perusahaan juga lebih mudah dalam menghitung gaji karyawan berdasarkan jumlah kehadirannya. 

Kelebihan Menerapkan Absen Mobile untuk Perusahaan dan Instansi

Penerapan teknologi absen mobile pada perusahaan maupun instansi memberikan banyak keuntungan baik bagi karyawan maupun lembaga secara umum. Oleh karena itu saat ini ada banyak perusahaan dan instansi yang menerapkan teknologi ini. Berikut adalah kelebihan menerapkan aplikasi absensi online:

1. Monitor Kehadiran Lebih Mudah

Kelebihan utama menggunakan teknologi absen secara online adalah dapat memonitor kehadiran karyawan lebih mudah. Perusahaan dapat melakukan monitor keterangan daftar hadir karyawan mulai dari jam masuk, hingga jam pulang karyawan. 

Seluruh daftar hadir karyawan akan direkap dalam database aplikasi yang dapat diakses kapan saja saat dibutuhkan. 

2. Memeriksa Laporan Absensi Melalui Gadget

Salah satu kelebihan menggunakan perangkat lunak absen mobile adalah pemilik perusahaan atau pemimpin instansi dapat melihat laporan kehadiran karyawan secara real time melalui perangkat apa saja, baik smartphone ataupun PC. 

Dengan adanya kemudahan untuk memeriksa laporan absensi dari perangkat mana saja, Anda tidak perlu harus selalu berada di depan komputer perusahaan untuk mengecek laporan kehadiran karyawan. Anda dapat mengecek laporan kehadiran karyawan dari manapun hanya bermodal smartphone saja. 

3. Dapat Meminimalisir Kecurangan Saat Absensi Kehadiran

Kekurangan absensi secara manual selain lebih ribet baik untuk karyawan dan juga pihak HR, juga memiliki kelemahan dari segi potensi kecurangan yang mungkin dilakukan pihak tidak bertanggung jawab. 

Sistem absensi manual memungkinkan praktik titip absen dan praktik tidak bertanggung jawab lainnya yang merugikan perusahaan. 

4. Memudahkan Karyawan Mengajukan Cuti

Beberapa aplikasi absen sudah dilengkapi oleh fitur khusus untuk karyawan yang ingin mengajukan cuti baik cuti karena sakit atau cuti izin kegiatan di luar kantor. Sistem pengajuan cuti secara manual seringkali dianggap merepotkan oleh karyawan karena surat izin harus dikirim langsung ke kantor. 

Namun, dengan adanya aplikasi absen maka karyawan dapat mengupload surat izin cutinya melalui aplikasi. Karyawan juga dapat mengupload surat sakit dari dokter untuk mengajukan ijin ke perusahaan atau instansi tempat kerja.

5. Lebih Efektif dan Hemat Waktu

Kelebihan menerapkan sistem absen mobile berikutnya bagi perusahaan adalah dapat menghemat lebih banyak waktu dan juga membuat kinerja bagian HR atau SDM perusahaan dan instansi menjadi lebih efektif. 

Bagian HR atau SDM lembaga dan perusahaan tidak perlu membuang-buang waktu untuk melakukan perekapan data absensi karyawan yang tersimpan di dalam sistem absensi manual. Seluruh data mengenai kehadiran karyawan akan langsung tersimpan secara otomatis di sistem. 

Bahkan, sistem absensi dapat disetel untuk secara otomatis memberikan keterangan atau merekap data setiap karyawan perusahaan atau instansi yang datang terlambat atau pulang awal dari jam yang sudah ditetapkan. 

Dari sini maka pihak HR akan dengan mudah menentukan denda atau potongan gaji yang diberlakukan bagi karyawan yang melanggar aturan. 

Manfaat Menerapkan Absensi Online

Ada semakin banyak perusahaan maupun instansi perkantoran yang menerapkan sistem absensi online dan meninggalkan sistem absensi manual. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya manfaat yang didapatkan perusahaan atau instansi dengan menerapkan sistem absen online sebagai berikut:

1. Menghemat Waktu Ketika Absen Kehadiran

Manfaat pertama menerapkan sistem absensi online adalah dapat menghemat waktu ketika absen. Hal ini dikarenakan karyawan tidak perlu mengantre panjang untuk cek sidik jari yang biasa dilakukan di depan pintu masuk kantor. 

Antrean panjang saat absen kehadiran biasanya terjadi di pabrik-pabrik besar dengan jumlah karyawan ribuan orang. Dengan menggunakan sistem absensi secara online maka akan menghemat banyak waktu. 

2. Hemat Biaya Pembelian Hardware Absensi

Perusahaan yang menggunakan sistem absensi manual harus mengeluarkan banyak dana untuk membeli perangkat hardware absensi. Dengan menggunakan sistem absensi secara mobile maka perusahaan bisa menghemat banyak anggaran.

3. Laporan Kehadiran Karyawan Otomatis

Laporan absensi karyawan akan langsung masuk ke dalam database dan dashboard yang bisa dipantau oleh tim HR perusahaan kapan saja dibutuhkan. 

Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Absen Mobile

Provider aplikasi absen mungkin sudah banyak hari ini, namun pastikan Anda memilih aplikasi yang terbaik dan juga aman. Aplikasi Talenta oleh Mekari adalah aplikasi absen online terbaik yang telah dipercaya ribuan perusahaan besar untuk absensi karyawan. Berikut keunggulan aplikasi Talenta by Mekari:

1. Bisa Dicek Menggunakan Smartphone

Keunggulan aplikasi Talenta by Mekari adalah aplikasi ini dapat dengan mudah diakses oleh siapapun yang sudah diberi izin akses baik menggunakan perangkat komputer, laptop hingga smartphone. 

Melalui smartphone, baik pekerja ataupun pihak perusahaan dapat memantau absensi secara real time, mengatur jadwal shift kerja, melakukan absensi secara online hingga pengajuan cuti. Aplikasi Mekari Talenta bisa diakses tanpa harus menginstal aplikasi karena juga bekerja berbasis website. 

Karena dapat diakses tanpa harus mengunduh dan menginstal aplikasi, tentu akan sangat memudahkan bagi mereka yang kesulitan untuk menginstal aplikasi tambahan di smartphone.

Anda juga dapat menginstal aplikasi ini melalui smartphone berbasis iOS ataupun Android. Aplikasi dapat dengan mudah diunduh melalui Google Play Store ataupun App Store. 

2. Terdapat Fitur Face Recognition

Absen mobile menjadi lebih fleksibel dan juga nyaman dengan adanya fitur selfie yang dilengkapi oleh teknologi face recognition serta pengecekan titik lokasi GPS. Dengan adanya teknologi ini maka perusahaan dapat dengan mudah memantau kehadiran karyawan. 

Fitur face recognition ini akan mengurangi potensi atau risiko kecurangan yang mungkin dilakukan oleh sebagian karyawan. Teknologi face recognition yang digunakan oleh aplikasi Talenta oleh Mekari dapat mengenali wajah secara akurat.

Saat absensi secara otomatis maka karyawan harus berada di lokasi kerja apalagi dengan dibekalinya teknologi pantau titik lokasi GPS. Fitur ini sangat membantu terutama saat WFH.  

3. Terintegrasi dengan Mesin Fingerprint

Beberapa perusahaan ataupun instansi kebanyakan hari ini melakukan absensi karyawan memakai mesin fingerprint atau sidik jari. Absensi dengan fingerprint atau sidik jari memang cukup bagus karena karyawan tidak bisa melakukan kecurangan seperti titip absen kepada rekan karyawan yang lain.

Namun, kekurangan absensi menggunakan mesin sidik jari konvensional adalah kehadiran karyawan tidak dapat dilihat secara langsung atau real time melalui perangkat. Oleh karena itu, Mekari menerapkan teknologi integrasi mesin sidik jari dengan aplikasi absen Talenta. 

Teknologi ini memungkinkan pihak HRD ataupun pemilik perusahaan untuk melihat laporan kehadiran pekerja secara real time melalui smartphone. 

4. Mudah Cek Slip Gaji

Beberapa perusahaan masih mengirimkan surat berisi slip gaji ataupun email slip gaji kepada karyawan setiap bulannya secara manual. Distribusi slip gaji dengan cara manual memiliki kelemahan dari sisi ketidak efektivitas hingga memakan waktu lama. 

Dengan adanya teknologi absen mobile, tidak hanya memudahkan pengecekan laporan absensi namun juga pengecekan slip gaji. Pihak perusahaan dapat mendistribusikan slip gaji secara otomatis ke akun karyawan dan karyawan dapat mengecek slip gaji tersebut melalui smartphone dimanapun mereka berada.

5. Fitur Pengaturan Jadwal Shift Kerja

Anda dapat mengatur jadwal shift kerja para karyawan kapanpun dan dimanapun menggunakan aplikasi absensi mobile ini. Jadwal shift kerja karyawan umumnya diatur untuk satu bulan penuh atau setiap pekannya. 

Nantinya, para karyawan dapat mengakses informasi terkait jadwal shift kerja terbaru dan juga mengajukan permohonan pindah shift kerja hanya dari aplikasi saja. Hal ini tentu sangat menghemat waktu baik bagi perusahaan maupun karyawan. 

6. Fitur Announcement

Ada lagi satu fitur menarik yang dibenamkan oleh aplikasi Talenta by Mekari yakni fitur announcement atau pengumuman. Fitur announcement memungkinkan semua karyawan perusahaan untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai pengumuman libur kerja, perubahan jam kerja hingga aturan terbaru kantor. 

Seluruh karyawan dapat mengakses pengumuman terbaru yang telah ditetapkan oleh perusahaan atau instansi tanpa harus bolak balik ke kantor atau pabrik secara langsung. Selain memudahkan karyawan memperoleh pengumuman, fitur announcement juga membuat kerja perusahaan menjadi lebih efisien. 

7. Sudah Terintegrasi Otomatis dengan Payroll

Kelebihan aplikasi absen mobile Talenta by Mekari adalah seluruh informasi atau rekap data kehadiran karyawan akan langsung diintegrasikan dengan payroll. Pihak HR atau SDM perusahaan dapat langsung mensetting perhitungan payroll yang didasarkan kepada absensi kehadiran, lembur dan juga cuti. 

Dengan adanya sistem absensi yang secara otomatis terintegrasi ke payroll, akan membuat perhitungan gaji menjadi lebih akurat, tersistematis, menghindari kesalahan perhitungan atau human error hanya dari satu aplikasi mobile saja. 

Bagi Anda yang ingin menerapkan teknologi software absen mobile di perusahaan atau instansi yang Anda pimpin, pastikan Anda menerapkan software dari. Aplikasi absensi online ini sudah dipercaya oleh lebih dari 3500 perusahaan nasional dan multinasional untuk mengelola kehadiran karyawan. 

Dengan adanya teknologi absen mobile, dapat meminimalisir adanya tindak kecurangan seperti titip absen yang biasanya dilakukan oleh beberapa orang. Segera kunjungi website resmi dari Mekari untuk menggunakan teknologi terbaru kelola absen karyawan. Dapatkan penawaran terbaik sekarang juga.
 

Penulis : Infomercial
Editor: Infomercial
Berita Terkait