Ini Risiko Kesehatan dari Kegemaran Minum Kopi Dingin

Redaksi | 8 November 2022 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menikmati kopi dingin menjadi pilihan banyak orang karena lebih praktis dan mudah dibawa ke mana - mana. Namun perlu diketahui bahwa kandungan kafein kopi dingin berbeda dengan yang terdapat dalam kopi panas. 

Profesor Epidemiologi dan Gizi di Universitas Harvard, Dr. Frank Hu, MD, Phd mengatakan bahwa konsentrai kafein di dalam kopi yang diseduh dengan air dingin atau es cenderung lebih tinggi daripada kopi yang diseduh dengan air hangat atau panas.

"Hal ini karena biasanya konsentrat kopi dengan rasio jumlah air yang dituang sangat berbeda, artinya lebih banyak kopi yang dibutuhkan untuk membuat es kopi ketimbang kopi panas," terang Dr. Frank.

Lebih lanjut Dr. Frank menjelaskan jika orang akan lebih cepat menghabiskan kopi dingin dibanding dengan kopi panas. "Jika Anda lebih peka terhadap kafein, minuman kopi dingin bisa membuat Anda lebih gelisah karena efek kafein lebih cepat terasa dalam tubuh ketika kita meminumnya dalam jumlah banyak sekaligus," papar Dr. Frank.

Namun, bagi orang yang tahan terhadap kafein, kandungan kafein justru memberikan manfaat kesehatan karena kandungan antioksidan yang terdapat pada kopi.

"Beberapa manfaat kopi, seperti efek positif pada fungsi kognitif dan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif seperti parkinson. Jadi jangan terlalu khawatir." tutupnya.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait