7 Sajian Khas Imlek, Ada yang Belum Pernah Dicicipi?

Redaksi | 1 Februari 2022 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - IMLEK identik dengan angpao dan makan bersama keluarga. Tradisi makan ini biasanya dimulai satu hari sebelum perayaan Imlek. Makanan yang dihidangkan biasanya sesuai dengan tradisi dan selera masing-masing keluarga.

7 makanan ini umumnya disajikan menjelang dan selama perayaan Imlek seperti dilansir China Highlights:

Ikan

Pengucapan kata "ikan" dalam bahasa Mandarin terdengar seperti kata surplus (sisa). Umumnya, masyarakat Tiongkok senang jika masih memiliki "sisa" di akhir tahun. Yang berarti jika berhasil menyisakan sesuatu di akhir tahun, maka mereka bisa menghasilkan sesuatu yang lebih banyak di tahun selanjutnya. Ikan biasanya dimasak dengan cara direbus, dikukus atau braising (ikan dipanggang sebentar kemudian dimasak dalam panci bersama kuah). Daging ikan biasanya disisakan pada bagian kepala dan ekor sebelum dimakan pada saat tahun baru tiba.

Pangsit khas Tiongkok (Chinese dumplings)

Menurut kepercayaan, semakin banyak pangsit yang dimakan maka semakin banyak uang yang akan dihasilkan di tahun yang baru. Biasanya, masyarakat Tiongkok mengonsumsi pangsit yang berbentuk mirip kapal dan oval (menyerupai logam Tiongkok yang berfungsi sebagai mata uang di zaman dahulu).

Lumpia (spring rolls)

Dinamai spring rolls karena makanan ini biasanya dikonsumsi pada festival musim semi (spring). Selain berisi daging dan sayuran, spring rolls juga diisi dengan makanan manis.

Kue beras

Pengucapan kata "kue beras" dalam bahasa Mandarin terdengar seperti kata "semakin tinggi tahun demi tahun", yang diartikan semakin "tinggi" Anda, semakin makmur usaha yang dijalani.

Onde yang terbuat dari beras

Bunyi penyebutan kata "onde" dalam bahasa Mandarin yang diasosiasikan dengan reuni dan berkumpul bersama, menjadi penyebab masyarakat Tiongkok mengonsmsinya dalam perayaan Imlek.

Mi

Ukuran mi yang panjang dan proses memasaknya yang mudah melambangkan harapan akan umur yang panjang. Biasanya mi yang dikonsumsi lebih panjang dan sengaja tidak dipotong menjadi pendek. Penyajiannya baik digoreng dan dihidangkan di piring atau direbus dan dihidangkan bersama kuah di mangkuk.

Aneka jeruk

Buah-buahan seperti jeruk, termasuk jeruk bali juga dikonsumsi ketika perayaan Imlek. Bentuknya yang bulat dan warna keemasan melambangkan kesuksesan. Menurut kepercayaan, semakin banyak jeruk bali yang dikonsumsi maka seseorang akan semakin makmur.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait