3 Cara Menghindari Mood Swing Disaat Menstruasi

Siti Adisya Kirana | 4 Desember 2023 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perasaan kesal, marah, sedih yang datang secara tiba-tiba sering menjadi kebiasaan wanita di saat mereka sedang mengalami masa Premenstrual Syndrome (PMS). Perubahan suasana hati yang tiba-tiba atau biasa disebut mood swing merupakan perasaan yang tidak dapat dikendalikan oleh wanita saat sedang menstruasi.

Dilansir dari Wikipedia, menstruasi merupakan suatu perubahan fisiologis pada tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi, baik FSH-Estrogen maupun LH-progesteron. Periode ini penting untuk reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan sejak menarche (menstruasi pertama) hingga menopause (menstruasi berhenti).

Sebagian besar wanita yang mengalami menstruasi terkadang menjadi orang yang berbeda dari sebelumnya. Mereka mungkin awalnya bahagia, namun saat menstruasi mereka menjadi pribadi yang cenderung pendiam.

Menstruasi biasanya berlangsung selama 1 minggu hingga kurang dari 2 minggu dan normalnya menstruasi hanya terjadi sebulan sekali.

Beberapa cara untuk mengatasi gejolak perasaan mood swing wanita saat dalam masa menstruasi :

1. Perbanyak Olahraga

Olahraga bisa meningkatkan mood dan membuat wanita lebih stabil. Hal ini karena olahraga membuat wanita merasa lebih baik dan nyaman. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan energi hingga menjadi lebih bersemangat.

Olahragalah setidaknya 15 hingga 30 menit selama beberapa hari dalam seminggu. Faktanya, olahraga ringan seperti jalan-jalan setiap hari di sekitar rumah dapat membantu mengurangi kesedihan, kecemasan, dan mudah tersinggung saat PMS.

2.Istirahat yang Cukup

Setiap orang memang harus mempunyai istirahat yang cukup, apalagi untuk wanita yang sedang mengalami masa menstruasi harus meluangkan waktunya untuk beristirahat. Ini berguna untuk mengontrol perasaan yang sewaktu-waktu bisa berubah, karena dengan beristirahat yang cukup dapat membuat tubuh menjadi tidak mudah lelah dan lebih segar. Dan juga, dengan istirahat yang cukup membuat pikiran menjadi jernih dan emosi menjadi terkontrol.

Setidaknya waktu istirahat dipergunakan selama 7 hingga 8 jam. Waktu tersebut adalah waktu yang normal bagi manusia untuk beristirahat.

3. Tenangkan Pikiran

Janganlah berpikiran negatif, apalagi bagi wanita yang sedang menstruasi. Jauhi pikiran negatif yang dapat memenuhi pikiran karena dapat membuat perasaan lebih buruk dari sebelumnya.

Alangkah baiknya menenangkan pikiran dengan tidak memikirkan hal-hal buruk agar tidak mengganggu konsentrasi dan lakukanlah aktivitas yang dapat menenangkan hati dan pikiran.

Itulah beberapa cara mengatasi perubahan suasana hati saat menstruasi. Setiap wanita memiliki caranya masing-masing untuk mengendalikan emosi pada waktu menstruasi, namun tidak ada salahnya untuk mengikuti tips ini.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Siti Adisya Kirana
Berita Terkait