Data dan Fakta Kemenangan Telak Arsenal Atas West Ham United 

Indra Kurniawan | 12 Februari 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kemenangan telak Arsenal atas West Ham semalam menghadirkan data dan fakta mencengangkan. Arsenal kini bersaing dengan Liverpool, Manchester City, dan Tottenham Hotspur memperebutkan trofi juara Liga Premier Inggris 2023-2024.

Bertandang ke London Stadium, Minggu (11/2) malam, Arsenal membuka keran gol pada menit 32 lewat sundulan kepala William Saliba, memanfaatkan sepak pojok Declan Rice. 

Mengutip Opta Joe, itu gol sepak pojok ke-11 Arsenal di liga, terbanyak dibandingkan tim mana pun di Liga Premier musim ini. Menariknya, tiga gol terakhir adalah sundulan dari bek tengah - Gabriel Magalhães (2) dan William Saliba (1).

Arsenal menggandakan keunggulan lewat penalti Bukayo Saka pada menit 41. Itu gol ke-50 dalam 210 pertandingan Saka bersama Arsenal. Itu pencapaian sensasional, terlebih Saka baru berusia 22 tahun dan bakal mencetak lebih banyak gol lagi ke depan.

Dua gol Bukayo Saka ke gawang West Ham United membuat koleksi golnya bersama Arsenal menjadi 51. (X/Arsenal)

Arsenal menutup babak pertama dengan skor 0-4 berkat 2 gol tambahan dari Gabriel (44') dan Leandro Trossard (45+2'). Ini keunggulan tandang Arsenal terbesar di Liga Premier dengan margin 4 gol di babak pertama untuk pertama kalinya sejak Februari 2011 di Newcastle, yang berakhir imbang 4-4.

Usai turun minum, The Gunners menambah 2 gol lewat Bukayo Saka (63') dan Declan Rice (65'). Ini menjadi kemenangan tandang terbesar bagi Arsenal di Liga Premier. Sementara bagi West Ham, merupakan kekalahan kandang terbesar.

Untuk kedua kalinya tim asuhan David Moyes kebobolan lebih dari 6 gol di pertandingan kandang Liga Premier. Sebelum West Ham, Everton yang dilatih Moyes juga kebobolan 6 gol oleh Arsenal juga pada Agustus 2009. 

Terkhusus Martin Ødegaard, meski tak mencetak gol, dia mengukir catatan impresif. Dia pemain pertama sejak 2003-2004 yang menyelesaikan 100 atau lebih operan (107), menciptakan setidaknya lima peluang (7), dan membuat banyak assist (2) dalam satu pertandingan Liga Premier.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait