Sandiaga Uno Akui Konser Musik Meningkat Pesat, Dongkrak Ekonomi Negara

Supriyanto | 26 Februari 2024 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Sandiaga Uno menyebutkan tahun 2024 bisa jadi titik balik kesuksesan industri seni budaya khususnya musik melalui event konser.

Apalagi sejak pandemi berakhir pada 2023 awal, banyak promotor berlomba untuk menghadirkan musisi atau band berkelas untuk konser di Indonesia. 

Berdasarkan data yang diterima  Kemenparekraf, pertunjukan konser musik di Indonesia memang meningkat pesat yang bisa membangkitkan pariwisata.

“Ini sudah kita tanyakan kepada para pakar. Para pakar berkeyakinan bahwa industri event dan berdasarkan analisa data kebijakan kita karena semua kebijakan kita berbasis data, bahwa konser musik menjadi sosok katalis dan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kita,” kata Sandiaga Uno kepada wartawan, belum lama ini.

Sandiaga Uno pun membeberkan peningkatan pendapatan yang diperoleh dari konser-konser musik sejak 2019. Ada kenaikan 10 persen tiap tahunnya.

“Secara global pendapatan seluruh kegiatan live event diprediksi akan mencapai level pra pandemi pada 2024, sekitar 68,7 triliun, ini adalah prediksi yang naik dari 2019 yaitu 66,6 triliun USD. Diproyeksikan oleh Key tingkat perindustrian perekonomian dunia termasuk Indonesia dari 2022 sampai 2027 sebesar hampir 10 persen yaitu 9,6 persen atau empat kali lebih besar dari estimasi pertumbuhan pendapatan konsumen secara keseluruhan,” jelas Sandiaga Uno. 

Pada dasarnya di tahun 2023 Indonesia sudah bisa menggelar acara musik dalam skala besar nih guys. Mulai dari Soundrenaline, DWP, We The Fest, Java Jazz, sampai Heads In The Cloud. 

Dari acara itu kita sudah mendapat banyak keuntungan dari segi pariwisata dan ekonomi. Apalagi konser Coldplay dan Blackpink kemarin yang ditonton ratusan ribu orang. 

“Menurut majalah Rolling Stone, industri konser musik dunia yang sempat mati suri 2020, 2021, mengalami hype di tahun 2022, 2023, dimana konser-konser dipadati oleh penonton yang rindu akan live concert,” jelas Sandiaga Uno.

“Di Indonesia sendiri juga ada konser musisi dalam negeri seperti Dewa 19, Sheila On 7, Soundrenaline, Java Jazz Festival, hingga Djakarta Warehouse Project, maupun musisi luar negeri K-Pop atau ada juga Heads in the Cloud, membawa NIKI dan Rich Brian, Blackpink juga sukses menghipnotis tidak kurang dari 140 ribu penonton serta tentunya Coldplay di Indonesia yang menyedot jutaan calon penonton,” pungkas Sandiaga Uno.

Sebelumnya, Sandiaga Uno berencana membuat aturan bebas visa bagi wisatawan manca negara yang ingin berkunjung ke Indonesia. Hal tersebut lantaran untuk mendukung kegiatan MICE atau Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition. 

Program MICE terkait dengan acara olahraga, budaya, sampai konser musik. Sandiaga Uno menyebutkan, pihaknya tengah menggodok soal bebas bayar visa.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait