6 Pasangan Artis di Pemilu 2024, Ada yang Lolos Hingga Kompak Gigit Jari

Supriyanto | 2 Maret 2024 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perhitungan surat suara Pemilu 2024, atau real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih belum final. Di antara banyaknya selebritis yang ikut mencalonkan diri menjadi anggota dewan, ada tujuh pasangan artis yang sama-sama maju sebagai calon legislatif atau caleg.

Pasangan suami-istri ini ada yang sama-sama berebut kursi di DPR RI. Atau salah satu dari pasangan memilih untuk bersaing dapatkan kursi di DPRD RI.

Namun hingga perhitungan suara Sabtu (2/3) siang tidak semua pasangan selebritis ini lolos alias gigit jari lantaran perolehan suaranya saat pencoblosan masih di bawah ketentuan KPU.

Berikut 7 pasangan selebritis yang mencalonkan diri sebagaianggota legislatif padaPemilu 2024.

1. Ahmad Dhani dan Mulan Jameela

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela sama-sama mancalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari partai Gerindra tapi dengan dapil yang berbeda. Keduanya tampak bisa bernapas lega karena perolehannya terbilang sudah aman.

Di dapil Jawa Timur I, Ahmad Dhani memperoleh jumlah suara 54 ribu dan menempati posisi kedua terbesar dari 10 caleg Gerindra lainnya.

Sedangkan Mulan Jameela sebagai incumbent juga masih berpotensi memiliki peluang kembali duduk di kursi DPR RI. Mulan Jameela maju lewat dapil Jawa Barat XI. Untuk sementara, sampai saat ini mengantongi 45 ribu suara dan masuk dalam 10 besar suara terbanyak di dapil Jabar XI.

2. Pasha Ungu dan Adelia

Pasha Ungu dan Adelia Pasha

Aigit Purnomo atau Pasha Ungu mengejar kursi DPR RI dari dapil DKI Jakarta III. Pasha menempati posisi kelima dari 10 caleg dengan suara terbanyak. Dilihat dari situs KPU Jumat (29/2), Pasha Ungu mengantongi 11 ribu suara.

Pasha Ungu menjadi pemilik suara tertinggi peringkat lima di antara anggota caleg lainnya di dapil DKI Jakarta III.

Sementara Adelia Wilhelmina yang sama-sama dari PAN menjadi caleg untuk DPRD Provinsi DKI Jakarta Dapil 10. Namun, Adelia saat ini untuk sementara mengantongi suara 493 suara.

3. Uya Kuya dan Astrid Kuya

Uya Kuya maju lewat PAN di Dapil DKI Jakarta II. Perolehan sementara Uya Kuya mengantongi 47 ribu suara, melampaui Adhyaksa Dault yang juga satu partai.

Sedangkan Astrid Kuya mengincar kursi DPRD Provinsi DKI Jakarta. Astrid masih berpeluang mendapatkan kursi dengan suara 6.574 untuk saat ini. Suara Astrid tertinggi dari 10 caleg PAN lainnya.

4. Andika Rosadi dan Nisya Ahmad

Keluarga Sultan Andara ini sama-sama terjun ke politik di tahun ini dari partai berbeda.

Andika Rosadi, adik ipar Raffi maju melalui PSI untuk berebut kursi DPR RI di dapil Jabar III. Namun, PSI sampai saat ini tidak memenuhi ambang batas parlemen atau parliamentary threshold, yakni 4 persen. Andika Rosadi saat ini mengantongi suara 3.094.

Sedangkan Nisya Ahmad maju menjadi caleg DPRD Provinsi Jawa Barat. Nisya Ahmad maju di dapil Jabar 2 dari PAN. Nisya Ahmad sementara mengantongi suara 24 ribu.

5. Giring Ganesha dan Cynthia Riza

Giring dan Cynthia Riza

Giring Ganesha dan Cynthia Riza sepertinya masih harap-harap cemas untuk bisa duduk di kursi anggota dewan. Keduanya menjadi caleg untuk berebut kursi DPR RI dengan diusung oleh PSI hanya saja mereka berada di dapil berbeda.

Giring Ganesha maju di dapil Jawa Barat I. Cynthia Riza maju di dapil Jateng V. PSI berdasar website sirekap KPU hanya mendapatkan 2,7 persen.

6. Primus Yustisio dan Jihan Fahira

Pasangan yang dikenal raja dan ratu sinetron pada masanya ini, sama-sama berpeluang menjadi anggota legislatif. Hanya saja Primus Yustisio dan Jihan Fahira mengambil jalur berbeda.

Jihan Fahira berhadapan langsung dengan Komeng dalam memperebutkan kursi DPD wilayah Jawa Barat. Sampai saat ini, Jihan Fahira berada di posisi ketiga perolehan suara terbanyak sebagai caleg DPD di Jawa Barat.

Posisi pertama ditempati Komeng dengan 2 juta suara, sedangkan Jihan Fahira mengantongi 812 ribu suara.

Primus Yustisio yang juga merupakan incumbent maju bersama PAN memperebutkan kursi DPR RI di dapil Jabar V. Primus Yustisio sampai saat ini mengantongi 65.328 suara dan yang tertinggi di antara 9 caleg PAN lainnya di dapil tersebut.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait