Jalani Vaksinasi Covid-19 Kedua, Ini Kata Menkes dan Raffi Ahmad

Redaksi | 27 Januari 2021 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku tak ada efek samping serius yang dirasakan usai menerima suntikan baik dosis pertama maupun kedua dari vaksin Covid-19. Menkes salah satu perwakilan yang turut mengikuti vaksinasi bersama Presiden Jokowi dalam dua pelaksanaan vaksinasi.

"Rasanya jadi ingin makan banyak. Tidak ada efek yang serius," ujarnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu, 27 Januari 2021.

Menkes Budi Sadikin mengingatkan, pembentukan antibodi memerlukan waktu selepas pemberian dosis kedua vaksin. Risiko bagi penerima vaksin untuk tertular Covid-19 menjadi lebih kecil walaupun masih harus menerapkan disiplin terhadap protokol kesehatan seperti mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Prof. dr. Abdul Muthalib, Sp.PD-KHOM. yang kembali bertindak sebagai vaksinator Presiden Joko Widodo menyampaikan hasil perbincangannya dengan Presiden.

"Saya menanyakan apakah Bapak ada keluhan setelah vaksinasi pertama? Ternyata tidak ada sama sekali. Begitu juga waktu disuntik hanya merasakan sedikit, selainnya tidak ada apa-apa," tuturnya.

Raffi Ahmad, yang hadir sebagai perwakilan anak muda, mengatakan bahwa vaksinasi untuk dosis pertama dan kedua kali ini berjalan lancar. Dia juga tidak merasakan efek samping serius setelah penyuntikan vaksin selain mengantuk dan sedikit pegal.

Raffi Ahmad mengajak seluruh pihak untuk turut mengikuti program vaksinasi massal yang disediakan secara gratis oleh pemerintah. Vaksinasi menjadi salah satu jalan dan upaya bagi penanganan pandemi Covid-19.

"Ayo semua, jangan takut divaksin, tetap semangat, karena Pak Presiden saja sudah divaksin. Kita semua juga percaya kepada pemerintah, karena pemerintah juga akan melakukan yang terbaik," tandas Raffi Ahmad.

Artikel ini diambil dari laman setneg.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait