Zaskia Sungkar Berbagi Tips Jaga Asupan Gizi untuk Anak

Redaksi Senin, 14 Pebruari 2022 22:30:43
Zaskia Sungkar jaga asupan gizi untuk Ukkasya. (dok.IST)

TABLOIDBINTANG.COM - Zaskia Sungkar tengah menikmati kebersamaan dengan putra kesayangannya, Ukkasya. Maklum, Zaskia dan suaminya, Irwansyah, perlu waktu 10 tahun menunggu kehadiran sang anak. Tak heran, ia begitu hati-hati dan melakukan segala upaya ekstra untuk perawatan buah hatinya ini. 

Zaskia menuturkan, semua serba berubah setelah hadirnya Ukkasya. Tidak terbayangkan sebelumnya, yang selama ini dia hanya melihat teman–temannya, adiknya merawat bayi, kini ia alami. Momen memberikan ASI atau mengASIhi, menurutnya benar–benar magical. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, putranya terserang demam tinggi. Di luar kuasanya, ASI nya begitu berlimpah.

”Ini kuasa Allah, luar biasa banget,” tuturnya. Memberikan ASI menjadi kegiatan yang menurutnya paling penting dan sangat dijaga, terkait dengan tumbuh kembangnya. Hal ini disampaikan Zaskia saat membuka Organic Parenting Talkshow dengan tema “Great Mom Strong Child” yang diadakan oleh PT Hassana Boga Sejahtera, yang memproduksi Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dengan brand Nayz. Nayz diketahui sangat memperhatikan peran ibu dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan memproduksi MP-ASI dengan konsep homemade.

Senada dengan Zaskia, dr Tiwi SpA MARS, dokter spesialis anak, yang kebetulan adalah dokter Ukkasya, putra Zaskia yang juga hadir di acara tersebut menyampaikan pesan khusus kepada para ibu, kunci sukses merawat anak balita adalah kebahagiaan ibunya. untuk bahagia, kegiatan menyusui sangat membantu. Dr Tiwi mengaku, sering sedikit memaksa para ibu yang sedang galau di kliniknya, untuk menyusui. Hal ini karena dalam proses menyusui ada kontak fisik bayi dan ibu di payudara. Proses inilah yang memenuhi syarat-syarat yang akan mempengaruhi hormon yang menggerakkan sifat keibuan, yaitu hormon prolakin dan oksitosin. Sentuhan ibu dan bayi akan merangsang hormon ini. Inilah kunci menjadi  seorang ibu dan seorang ibu yang berbahagia. 

Dr Tiwi melanjutkan, hormon oksitosin menurunkan kecemasan dan menaikkan kebahagiaan. Begitu ibu bahagia, dia paham kebutuhan bayi dan lingkungan. Tuhan telah menciptakan dengan begitu indahnya, proses seorang wanita menjadi ibu yang hatinya, dalam lirik lagu yang popular selalu ingin memberi, tak mengharap kembal. Menurutnya, setelah proses menyusui selama 3 bulan, kebahagiaan akan terpancar dari ibu sendiri secara otomatis. Bahkan, ini berlaku untuk ibu adopsi yang tidak menyusui. Dengan sering menyentuh saja bayinya, meletakkan bayi di dada ibu secara terus menerus, akan muncul hormon keibuan. Proses skin to skin ibu dan anak juga sangat berguna. 

Dokter Tiwi juga berbagi tips MPASI, yaitu tidak perlu berteori. Makanan yang ibunya makan, bisa dikonsumsi bayinya. Misalnya soto dengan ayamnya dengan nasinya. Beruntungya, Ukkasya ternyata tampak begitu lahap menyantap MP-ASI buatan Maminya. Hal ini tampak dipost dalam story IG @Zaskiasungkar15. Tampak Ukkasya menyantap MP-ASI homemade rasa bakso Nayz. Nayz sendiri telah memproduksi Makanan Pendamping ASI pokok dengan rasa yang sudah disesuaikan dengan selera nusantara, yaitu rasa bakso sapi. Tak heran, Ukkasya tampak begitu menikmati bubur buatan maminya itu.


Penulis Redaksi
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore