Comeback Shah Rukh Khan Lewat Pathaan Pecahkan Sederet Rekor Box Office

Indra Kurniawan | 29 Januari 2023 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mega bintang India Shah Rukh Khan kembali ke layar lebar lewat film Pathaan. Hanya dalam 3 hari sejak tayang perdana pada Rabu (25/1), aksinya di Pathaan telah memecahkan rekor box office.  

Hingga Jumat (27/1), melansir Deadline, film produksi Yash Raj Films secara glob telah meraup 39 juta Dolar AS atau setara 583,9 miliar Rupiah. Itu menjadikan Pathaan sebagai film Bollywood dengan perolehan pendapatan terbesar pada pembukaan akhir pekan pembukaan yang pernah ada di seluruh dunia. Angka tersebut akan terus menggelembung hingga turun layar.

Diperkirakan hingga Minggu (29/1), Pathaan akan menghasilkan sekitar 40 juta Dolar AS (598,9 miliar Rupiah) di India dan 65 juta Dolar AS (973,2 miliar Rupiah) secara global yang akan menempatkannya di posisi teratas untuk film India mana pun bersama RRR, Baahubali 2, dan KGF 2.

Pathaan juga telah mencetak rekor baru lainnya, menjadi film Hindi tercepat yang melampaui 36,8 juta Dolar AS di seluruh dunia dan film Hindi pertama yang mengumpulkan pendapatan kotor lebih dari 36,8 juta Dolar AS selama sesi peluncuran.

Pada Jumat (27/1), Pathaan mengumpulkan pendapatan kotor 4,8 hingga 5,77 juta Dolar AS. Sementara itu, pendapatan kotor internasional diperkirakan mencapai 13,7 juta Dolar AS.

Akshaye Widhani, CEO Yash Raj Films, berkata, “Sungguh luar biasa Pathaan telah mencatatkan pembukaan terbesar sepanjang masa di India dan luar negeri. Pathaan telah diberkati oleh orang India di seluruh dunia dan apa yang terjadi dengan film ini belum pernah terjadi sebelumnya dan ini sangat bersejarah."

Film Pathaan memecahkan rekor box office.

Dalam film yang juga dibintangi oleh Deepika Padukone dan John Abraham, Shah Rukh Khan berperan sebagai mata-mata tituler yang berperan sebagai pemimpin sekelompok tentara bayaran yang memiliki rencana jahat untuk menargetkan Tanah Airnya.

Saat ditutup pada Rabu (25/1l, Pathaan mencatat hari pertama penayangan terbesar yang pernah ada untuk film Hindi di India dengan 7 juta Dolar AS, dan melakukannya di luar hari libur. Ini menjadikan film terlaris Shah Rukh Khan du hari pertama, hal yang sama berlaku untuk Abraham dan juga Padukone di India. Itu juga menjadi yang teratas untuk Yash Raj dan sutradara Siddharth Anand, di India dan di seluruh dunia.

Di luar India, Pathaan mencatatkan hari pembukaan terbesar untuk film India di Inggris Raya. Sepanjang hari kedua, Kamis (26/1), total box office global naik menjadi 27 juta Dolar AS. Sementara pada Kamis (26/1), di India Pathaan dinobatkan sebagai film Hindi pertama yang melampaui pendapatan bersih 8,6 juta Dolar AS dalam satu hari.

Kesuksesan Pathaan sekaligus mengakhiri jeda panjang Shah Rukh Khan dari layar lebar sebagai pemeran utama, juga memberikan dorongan untuk Bollywood yang akhir-akhir disebut tengah mengalami masa sulit.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait