Leeds United, Leicester City, Everton, Siapa Bakal Susul Southampton Turun Kasta?

Indra Kurniawan | 27 Mei 2023 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Empat tim dari Liga Premier Inggris telah dipastikan lolos Liga Champions musim depan. Mereka adalah Manchester City, Arsenal, Manchester United, dan Newcastle United. 

Sementara itu Liverpool dan Brighton & Hove Albion akan berlaga di Liga Europa musim depan. Bagi Brighton, itu menjadi kompetisi antar klub Eropa pertama yang diikutinya. 

Pertarungan sesungguhnya pada laga terakhir Liga Premier Inggris 2022/2023 yang dilangsungkan serentak Minggu (28/5) malam, justru terjadi di papan bawah. Hingga pekan ke-37 baru Southampton yang memastikan diri turun kasta ke Divisi Championship musim depan.

Dua lainnya ditentukan esok malam. Leicester City, Leeds United, dan Everton akan bertarung sampai titik darah penghabisan demi dapat bertahan di Liga Premier Inggris musim depan. Saat ini Everton berada di peringkat ke-17 dengan 33 poin.

Sementara Leicester dan Leeds di peringkat 18 dan 19  dengan sama-sama mengoleksi 31 poin. Di partai terakhir ketiga tim tersebut bertindak sebagai tuan rumah dan berpeluang memetik hasil maksimal.

Peluang Leeds paling kecil di antara 2 tim lainnya.

Everton menjamu Bournemouth di Goodison Park, Leeds mendapat lawan berat Tottenham Hotspur, sedangkan Leicester kontra West Ham United. Dengan komposisi seperti itu, peluang paling besar selamat dari degradasi ada pada Everton.

Hotspur tentu tidak akan melepas laga kontra Leeds. Tiga poin menjadi amat penting untuk mengamankan tiket UEFA Conference League. Mereka bersaing ketat dengan Aston  Villa yang posisinya di klasemen di atasnya. 

Villa mengumpulkan 58 poin, Hotspur 57 poin. Di laga pamungkas, Villa bentrok dengan Brighton di Villa Park. Nahas bagi Leicester, jika tak mampu bertahan di Liga Premier setelah mengukir kisah indah pada musim 2015/2016. Menurut Anda siapa yang layak bertahan di Liga Premier musim depan?

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait