Keunggulan dan Kurangnya WA Web Sebagai Fitur WhatsApp

Vallesca Souisa Kamis, 8 Juli 2021 15:00:03
aktif untuk lebih dari satu akun

TABLOIDBINTANG.COM - Teknologi merupakan ciptaan manusia, sudah barang tentu jika di dalamnya terdapat kurang dan lebihnya. Hal ini tidak terkecuali untuk fitur WA Web yang dikelola oleh aplikasi WhatsApp. Fitur yang semakin banyak digunakan orang ini, ternyata punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. 
Dengan memahami kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa lebih mawas diri untuk menggunakan fitur unggulan dari aplikasi WhatsApp ini. Meskipun punya kekurangan, fitur ini tetap layak digunakan pada laptop atau perangkat komputer Anda. Di lansir dari laman liga-indonesia.id.

Kelebihan Penggunaan WA Web
Seperti dijelaskan di atas, fitur web WhatsApp punya beberapa keunggulan atau kelebihan. Apa saja kelebihan tersebut? Simak beberapa penjelasannya berikut ini:


1.    Kemudahan Pengiriman File Komputer

Kebanyakan orang, menyimpan file pekerjaannya di dalam perangkat komputer. Lantas file tersebut sering kali harus dikirim ke sesama pengguna WA. Hal ini tentu akan memakan waktu lama jika harus menyalin dari komputer ke hp terlebih dulu. 

Adanya fitur aplikasi WhatsApp web ini lantas menjadi jalan keluar yang akan memudahkan proses transfer file dari WA ke WA. Anda tidak perlu lagi menyalin dari komputer ke hp. Anda cukup menggunakan WhatsApp web untuk mengirim file tersebut dengan melampirkannya. 

2.    Peningkatan Produktivitas Dalam Kerjaan

Penggunaan WhatsApp web secara tidak langsung, sangat membantu meningkatkan kinerja. Dalam hal ini permisalannya adalah saat membalas pesan customer service. Saat bekerja tentu fokus Anda tidak bisa terbagi dengan WhatsApp dalam hp. 

Sedangkan saat menggunakan web WA ini, Anda bisa sambil membuka WA sekaligus dan dapat membalas secara cepat dan tepat.  

Selain itu, klien yang membutuhkan transfer file secara cepat juga bisa dilakukan dengan baik. WhatsApp web memudahkan tanpa memakan banyak waktu untuk proses salin file.

3.    Fleksibel

Ada kalanya saat hp Anda sedang dicharge, ada pesan WA yang perlu dibalas. Menggunakan WA saat hp diisi baterai tentu akan membuat hp jadi mudah drop. Berbeda halnya saat Anda menggunakan WhatsApp web. 

Saat menggunakan web WA, Anda tidak perlu menunggu baterai hp full, lantas baru membuka aplikasi WA. Anda tetap bisa membuka WA, meskipun hp sedang diisi dayanya. Anda bisa membalas WA secara cepat dan tepat menggunakan via web dengan perangkat laptop. 

4.    Menghemat Daya 

Kebiasaan orang saat menggunakan WA dalam sehari, tentu akan boros daya baterai hp. Dengan bantuan aplikasi WhatsApp web, maka Anda bisa lebih menghemat daya baterai hp. Sehingga hp tetap bisa digunakan seharian untuk keperluan lainnya. 

5.    Bisa Digunakan Secara Bersamaan

Membuka WhatsApp web dengan hp dan laptop, maka Anda bisa mengoperasikan keduanya sekaligus. Anda bisa mengoperasikan WA yang sedang aktif di hp sekaligus yang aktif di perangkat laptop. 

Saat terjadi pembaruan riwayat chat yang ada di hp, maka secara otomatis WhatsApp web akan memperbarui riwayat chat yang ada di laptop. 

Dengan kelebihan ini, Anda bisa manfaatkan untuk memaksimalkan kinerja pengiriman pesan ke beberapa orang dengan pesan yang berbeda-beda. 

6.    Aktif Untuk Lebih Dari Satu Akun

Jika pada hp satu aplikasi WA hanya bisa membuka satu akun, maka berbeda dengan penggunaan WhatsApp web. Anda bisa sekaligus membuka lebih dari satu akun di layar laptop Anda. Dengan begitu, Anda bisa berbagi laptop untuk digunakan teman yang lain. 

Kekurangan Penggunaan WhatsApp web
Setelah mengetahui beragam kelebihan Penggunaan WA Web, maka kini Anda juga harus paham apa saja yang menjadi kelemahan WhatsApp web. Sehingga Anda nantinya bisa lebih berhati-hati, saat menggunakan WhatsApp versi web di perangkat laptop Anda. Berikut ini beberapa kekurangannya:


1.    Ponsel Harus Konek Internet Terus Menerus

Meskipun sudah menggunakan laptop sebagai perangkat untuk membuka WA, namun pada kenyataannya hp Anda juga harus tetap aktif dan online. Hal ini karena antara WA yang ada di hp harus tetap saling terhubung. 

Maka dari itu, Anda harus pastikan kedua perangkat tetap online. Hal ini menyebabkan kuota internet jadi lebih boros. Namun untuk kepentingan tertentu tidak ada salahnya Anda menggunakan WhatsApp web. 

2.    Hp Mati, WhatsApp Web Terputus

Tidak hanya harus saling online, hp dan laptop keduanya harus selalu dalam keadaan hidup. Karenanya Anda harus memastikan kedua perangkat memiliki daya baterai saat digunakan. Jika hp dalam kondisi mati, maka secara otomatis WhatsApp web juga akan offline. 

3.    Akun WA di HP Sebaiknya Terus Terbuka

WhatsApp yang dibuka versi webnya di laptop, kerap kali akan mudah terputus jika akun WA yang ada di hp tertutup. 

4.    Hanya Kompatible Untuk Browser Tertentu

Pada kenyataannya, WhatsApp web ini tidak bisa digunakan untuk browser sembarangan. Hanya browser tertentu saja yang bisa Kompatible untuk mengaktifkan WhatsApp web. 

Beberapa browser yang cocok adalah seperti Chrome, Opera, Safari, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge. 

5.    Akun Mudah Diakses Sembarangan

Jika Anda hanya membuka akun dengan hp, kemungkinan akun dibajak sangaah tipis. Apalagi jika Anda memasang sandi keamanan. Namun berbeda halnya dengan WhatsApp web yang ada di laptop. 

Saat hp masih terkonek dengan WA yang ada di laptop, maka akun WhatsApp web Anda bisa saja dibajak atau diambil alih dengan mudah. Karenanya, kedua perangkat perlu dipantau serta lakukan logout jika telah selesai menggunakan WhatsApp web. 

Tutorial Mudah Gunakan WhatsApp Web
Bagi Anda yang belum pernah menggunakan WhatsApp web, maka berikut ini ada beberapa tutorial mudah dalam menggunakan WhatsApp web :
•    Hubungkan hp dan laptop Anda dengan internet. 
•    Buka aplikasi WA yang sudah aktif di hp Anda. 
•    Nyalakan laptop dan buka browser yang kompatible dengan WhatsApp web. 
•    Buka link resmi WhatsApp web, yakni https://web.whatsapp.com. Kemudia pada layar laptop akan tersaji barcode yang siap di scan. 
•    Pada WA yang ada di hp, bukalah fitur titik tiga yang ada di sebelah kanan atas aplikasi (untuk pengguna android. Atau buka pengaturan yang ada di kanan bawah, khusus pengguna iPhone. Cari menu WhatsApp web. 
•    Akun WA yang ada di hp akan menampilkan kamera untuk scan barcode. Arahkan scan pada barcode yang ada di laptop, dan tunggu hingga muncul tampilan riwayat WA pada laptop. 
•    Untuk mengolah chat dalam WhatsApp web, metodenya sama dengan saat menggunakan web pada perangkat hp. 
•    Jika Anda telah usai menggunakannya, jangan lupa untuk logout. Logout bisa dilakukan via laptop dengan memilih menu pengaturan > logout from all devices. Secara otomatis akun Anda akan offline dari perangkat laptop. 
Berbagai penjelasan terkait kelebihan dan kekurangan WA Web di atas, bisa jadi pembelajaran untuk Anda yang ingin lebih paham tentang WhatsApp versi web. Telah dijelaskan juga langkah mudah dalam menggunakan WhatsApp web. Dengan begitu Anda tidak perlu bingung lagi saat ingin membukanya. 
 


Penulis Vallesca Souisa
Editor Vallesca Souisa
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.