Childfree Bisa Bikin Awet Muda, Benarkah?

Sandra Puspita | 9 Februari 2023 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memiliki wajah cantik dan awet muda menjadi dambaan tiap perempuan. Namun tudak dipungkiti, penampilan awet muda berkaitan dengan kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik.

Banyak yang mengklaim, makanan hingga gaya hidup mempengaruhi penampilan awet muda. Salah satunya yang lagi ramai dibicarakan warganet adalah gaya hidup Childfree atau tidak mempunyai anak.

Seperti yang diungkap oleh Gita Savitri atau Gitasav, Konten Kreator sekaligus influencer. Melalui kolom komentar Instagram pribadi Gitasav mengungkapkan tidak punya anak adalah anti aging natural.

Childfree itu apa sih?

Menurut laman HeylawEdu, istilah childfree mengacu kepada keputusan seseorang ataupun pasangan untuk tidak memiliki keturunan atau tidak memiliki anak.

Cambridge Dictionary pun mendefinisikan istilah childfree hampir serupa seperti apa yang dijelaskan oleh Oxford Dictionary, yaitu kondisi di mana seseorang atau pasangan memilih untuk tidak memiliki anak.

Menurut Tomas Frejka, seorang peneliti dalam risetnya yang berjudul "Childlessness in the United States" menyatakan bahwa dibanding dekade 1970-an, pilihan untuk tidak mempunyai anak meningkat dari 10 persen menjadi 20 persen di tahun 2000-an.

Sementara itu, International Business Times melaporkan bahwa Australian Bureau of Statistic menilai akan lebih banyak pasangan berkeluarga yang memilih untuk tidak punya anak di antara tahun 2023-2029.

Sementara, di Indonesia masyarakat memiliki perspektif budaya kolektif, di mana masyarakat mengharapkan seseorang yang telah memasuki usia dewasa untuk menikah dan usai menikah maka akan memiliki seorang anak.

Oleh karena itu, ketika seseorang memutuskan untuk tidak memiliki anak, maka timbul keheranan dan bahkan tekanan sosial, masyarakat akan terus menanyakan mengenai kehadiran sang anak, yang dimana pasangan bisa saja hidup bahagia dengan adanya keputusan childfree. 

Penulis : Sandra Puspita
Editor: Sandra Puspita
Berita Terkait