Tips Agar Persahabatan Makin Awet, Harus Saling Percaya

Siti Adisya Kirana | 29 Januari 2024 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selain keluarga, sahabat adalah orang terdekat yang selalu bersama di saat suka maupun duka. Menjalin dan menjaga persahabatan yang baik tentunya menjadi dambaan setiap orang.

Bersama sahabat, anda bisa terbuka tentang masalah yang sedang dihadapi untuk mencari solusinya. Tidak sedikit orang yang menganggap sahabat merupakan bagian dari keluarga. Kehadiran sahabat mampu menambah warna dalam kehidupan seseorang.

Setiap orang pasti menginginkan persahabatan yang langgeng dan tidak menginginkan masalah besar sehingga dapat merusak persahabatan yang sudah terjalin lama.

Berikut beberapa tips agar persahabatan yang anda jalani makin langgeng:

1. Selalu Ada Untuk Satu Sama Lain

Sebagai sahabat yang baik, tentunya anda tidak ingin melewatkan momen-momen penting untuk sahabatmu. Itu sebabnya anda harus selalu bersama sahabat-sahabatmu. Apalagi saat sahabatmu sedang kesusahan, tentu anda lah yang harus pertama kali menghiburnya.

Meski dukungannya hanya lewat pesan singkat atau telepon saja, persahabatan anda pasti akan tetap terjalin dengan baik.

2. Saling Percaya

Jika dalam persahabatan anda tidak ada rasa saling percaya, maka isinya penuh kecurigaan dan saling tuduh. Rasa percaya harus dilibatkan dalam persahabatan. Karena pasti dalam persahabatan akan ada aib-aib yang terbuka dengan sendirinya. Jadi kita memang perlu mencari sahabat yang bisa kita percaya.

3. Saling Menghargai

Salah satu cara menunjukkan kasih sayang dan kepedulian terhadap sahabat adalah dengan saling menghormati dan menghargai. Anda patut mengapresiasi usaha, prestasi atau kemajuan yang telah dicapai oleh sahabat anda. Anda juga harus menghargai waktu dan kesempatan sahabat untuk bersama anda.

Jangan membuat janji palsu atau mengingkari janji tanpa alasan yang kuat. Jangan pula mengecewakan atau menyakiti hati sang sahabat dengan perilaku yang tidak pantas.

4. Saling terbuka

Tidak menyembunyikan sesuatu dan saling terbuka antar sahabat adalah hal yang mendasar dan sangat penting untuk dilakukan. Hal ini meminimalisir terjadinya masalah dalam persahabatan.

Keterbukaan dapat diartikan sebagai kejujuran terhadap satu sama lain, jika sahabat melakukan kesalahan sebaiknya ditegur. Itu lebih baik daripada menahan sesuatu dan menimbulkan kesalahpahaman di kemudian hari.

Itulah tips menjaga persahabatan agar terjalin langgeng. Setiap orang pasti menginginkan persahabatan yang sehat dan selalu ada dalam susah maupun senang.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Supriyanto
Berita Terkait