5 Cara Ampuh Atasi Stres: Sharing dan Tertawa

Siti Adisya Kirana | 26 Maret 2024 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Stres dianggap normal bagi seseorang yang mengalami tekanan atau dipaksa untuk beradaptasi dalam waktu singkat. Namun, stres berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mengingat hal tersebut, penting untuk segera mengatasi stres agar tidak berkepanjangan. Mengatasi stres membutuhkan waktu, jadi bersabarlah dan terimalah hal ini.

Dilansir dari NHS UK, berikut lima hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat stres.

1. Berbagi Kisah dengan Orang Lain

Saat mereka stress dan mudah tersinggung, beberapa orang mungkin lebih suka menghindari orang lain. Sebaliknya, anda harus bercerita kepada teman dan keluarga anda. Bahkan teman baik yang mendengarkan dapat berdampak besar.

Hal itu akan memberikan dukungan, mengalihkan perhatian, dan membantu menghadapi naik turunnya emosi anda, jadi bersosialisasi dapat membantu mengurangi stres.  

2. Memiliki Waktu Untuk Diri Sendiri

Banyak dari kita bekerja dengan waktu berjam-jam, sehingga kita seringkali tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan hal-hal yang benar-benar kita sukai.

Penting untuk meluangkan waktu untuk bersosialisasi, bersantai, dan melakukan aktivitas fisik. Anda dapat mencoba menyisihkan beberapa malam dalam seminggu untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri di luar pekerjaan.

3. Hindari Kebiasaan Tak Sehat

Beberapa orang mungkin mengatasi stres dengan kebiasaan yang tidak sehat. Ini mungkin termasuk menggunakan zat ilegal, makan terlalu banyak, merokok, atau minum terlalu banyak kafein atau alkohol. Kebiasaan-kebiasaan ini dapat membahayakan kesehatan anda dan meningkatkan stres anda.

4. Menonton Film Komedi

Memiliki humor yang baik tidak dapat menyembuhkan semua penyakit, tetapi itu bisa membantu anda merasa lebih baik. Tertawa dapat meringankan beban mental dan fisik anda. Setelah anda tertawa, respons stres anda akan berkurang.

5. Waktu Tidur yang Cukup

Jika anda memiliki terlalu banyak hal untuk dilakukan dan dipikirkan, stres dapat membuat anda sulit tertidur.

Namun saat tidur, tubuh dan otak anda akan mengisi ulang energi. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam. Dan seberapa baik dan lama anda tidur, dapat mempengaruhi mood, energi, fokus, dan fungsi secara keseluruhan tubuh anda.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Supriyanto
Berita Terkait