Culture Parade Miss Mega Bintang Indonesia 2024 di Candi Sewu Tampilkan Karya 4 Desainer Kondang

Indra Kurniawan | 6 Mei 2024 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memanfaatkan level internasional Candi Sewu sebagai salah satu World Cultural Heritage, Ivan Gunawan dan Yayasan Mega Bintang Indonesia menggelar peragaan busana di candi yang terletak di sisi utara kompleks Candi Prambanan.

Bersama desainer Deden Siswanto, Julianto, dan jenama Maison Baaz, Ivan menghadirkan koleksi terbarunya dengan mengetengahkan kain batik Iwan Tirta Private Collection.

“Balai Pelestarian Kebudayaan selaku instansi yang melakukan perlindungan terhadap Situs Candi Sewu mengapresiasi acara yang bertujuan untuk melestarikan budaya Indonesia," ungkap Septina Wardhani, S.S., M.A., Kepala Sub Bagian Balai Pelestarian Kawasan Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. 

Pagelaran ini mendapat dukungan penuh dari GaGa Indonesia Mie Goreng Original dan #IniRasaYangAsli. Menurut Mulyadi Djaja, Direktur PT Jakarana Tama (GaGa), Yogyakarta tempat yang penuh dengan keragaman budaya. Oleh karenanya, ini momen yang tepat untuk meluncurkan produk terbaru GaGa Indonesia Mie Goreng Original.  

"Dengan terjalinnya kerja sama antara GaGa Indonesia Mie Goreng Original dan MMBI diharapkan bisa menjadi acuan masyarakat Indonesia agar selalu bangga akan kebudayaan Indonesia yang tertuang melalui kesenian, bahasa, serta ragam kuliner nusantara yang orisinal," beri tahu Mulyadi Djaja.

Culture Parade Miss Mega Bintang Indonesia 2024 di Candi Sewu Tampilkan Karya Kolaborasi 4 Desainer Kondang. (Dok. Istimewa)

Karya-karya para desainer yang berkolaborasi dengan batik Iwan Trita Private Collection diperagakan oleh 50 finalis Miss Mega Bintang Indonesia 2024. Para finalis mendapat ‘tantangan’ untuk mengangkat kekayaan budaya Indonesia dari bumi pertiwi sendiri ke mata global. 

Iwan Tirta Private Collection sebagai rumah batik ingin terus menampilkan batik dalam berbagai gaya, khususnya batik sebagai pakaian wanita melalui inisiatif: Iwan Tirta Bespoke Ladieswear. 

Melalui program ini, Iwan Tirta Private Collection tidak hanya menampilkan motif batik yang menjadi ciri khasnya, namun juga membina talenta-talenta baru, memberikan wadah bagi para desainer untuk berinovasi dalam kekayaan warisan batik, sehingga memastikan kebangkitan dan evolusi berkelanjutan dalam lanskap mode. 

Dalam kerjasama dengan MMBI, Iwan Tirta Private Collection bersama empat desainer yang berkolaborasi akan menyumbangkan sebagian dana hasil kolaborasi ini untuk program pemberdayaan dan kesejahteraan para pembatik di program #BerjuangBersama yang diprakarsai oleh Iwan Tirta Private Collection.

Di Yogyakarta finalis menjalani karantina dari 3 Mei hingga 7 Mei, lalu berlanjut di Jakarta dari 7 Mei hingga 19 Mei 2024. Malam final Miss Mega Bintang Indonesia 2024 akan diselenggarakan pada 19 Mei 2024 di Istora Senayan Jakarta.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait