Selain Kate Middleton, 7 Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Ini juga Menderita Kanker

Binsar Hutapea | 25 Maret 2024 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pengumuman kanker Kate Middleton mengejutkan publik. Kabar ini datang beberapa pekan setelah Raja Charles III lebih dulu mengumumkan diagnosis kanker.

Sesungguhnya, kanker bukan penyakit yang asing bagi keluarga Kerajaan Inggris. Banyak ternyata yang memiliki penyakit tersebut. Berikut adalah daftarnya:

Raja Edward VII
Raja Edward VII duduk di takhta kurang dari setahun. Putra George V ini mengundurkan diri pada Desember 1936 untuk menikahi janda asal Amerika SErikat, Wallis Simpson.

Edward dan Simpson menikah pada 1937 dan menghabiskan sisa hidup mereka bersama di Prancis. Pada 1960-an, kesehatan Edward mulai menurun. Diagnosis kanker tenggorokan pada tahun 1971, yang disebabkan oleh kebiasaan merokok Edward, mengakibatkan sang raja menjalani terapi kobalt.

Edward VII meninggal pada 28 Mei 1972. Dia berusia 77 tahun.

Raja George VI
George VI mengambil peran sebagai raja ketika saudaranya Edward mengundurkan diri. George melanjutkan memerintah dari 11 Desember 1936, hingga kematiannya pada 6 Februari 1952.

Sebagai raja selama Perang Dunia II, George mengalami tantangan memimpin Britania Raya melalui masa perang. Dipercaya bahwa stres perang, bersama dengan kebiasaan merokok, berkontribusi pada penurunan kesehatan George. Raja tersebut didiagnosis menderita kanker paru-paru serta arteriosklerosis dan penyakit Buerger.

Pada September 1951, penemuan tumor ganas memerlukan pengangkatan paru-paru kirinya. George tidak pernah pulih sepenuhnya dari operasi itu; ia meninggal pada 6 Februari 1952, akibat trombosis koroner pada usia 56 tahun.

Putri Marina
Kasus-kasus kanker di Keluarga Windsor juga meluas kepada mereka yang menikahi anggota keluarga tersebut. Putri Marina menikah dengan Pangeran George, putra Raja George V, pada tahun 1934.

Marina, Duchess of Kent, bertindak sebagai anggota keluarga kerajaan yang menonjol, bahkan setelah kematian suaminya dalam kecelakaan pesawat pada tahun 1942. Dia meninggal di Kensington Palace pada 27 Agustus 1968, akibat tumor otak yang tidak bisa dioperasi. Marina berusia 61 tahun.

Ratu Elizabeth, Ibu Ratu Elizabeth II
Sebagai istri Raja George VI, Elizabeth menjadi ratu dari tahun 1936 hingga 1952. Dia kemudian menghabiskan 50 tahun lagi membimbing putrinya melalui masa pemerintahannya.

Meskipun tidak pernah diungkap selama hidupnya, Ibu Suri diagnosis menderita kanker usus besar  pada tahun 1966. Sebuah tumor kemudian diangkat. Kemudian, dokter mendiagnosisnya dengan kanker payudara pada tahun 1984. Sebuah benjolan diangkat dari payudaranya.

Ibu Suri meninggal pada 30 Maret 2002. 

Ratu Elizabeth (Instagram)

Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth memperoleh kehormatan sebagai monarki Inggris terlama, memegang gelarnya dari tahun 1952 hingga 2022. Dia naik takhta setelah kematian ayahnya, George VI.

Menurut sertifikat kematiannya, penyebab resmi kematian Ratu Elizabeth adalah karena "tua"; dan ia berusia 96 tahun saat meninggal. Tetapi menurut jurnalis Gyles Brandreth, ratu juga menderita multiple myeloma, bentuk kanker sumsum tulang, saat dia meninggal.

Istana tidak mengkonfirmasi atau menyangkal laporan Brandreth. Harus diingat bahwa Keluarga Windsor telah membantah klaim media sebelumnya tentang diagnosis kanker di antara keluarga kerajaan.

Sarah, Duchess of York
Sarah Ferguson bergabung dengan keluarga kerajaan Inggris ketika dia menikahi Pangeran Andrew pada tahun 1986. Dia menjadi Duchess of York, memegang posisi itu hingga perceraian mereka pada tahun 1996.

Meskipun mengakhiri pernikahannya dengan Andrew, dia terus menarik perhatian media Inggris. Dia juga tetap dekat dengan mantan suaminya dan dengan demikian, keluarga kerajaan.

Pada Juni 2023, Sarah mengumumkan diagnosis kanker payudara. Dia menjalani mastektomi tunggal yang sukses dan operasi rekonstruktif. Diagnosis kanker kulit menyusul pada Januari 2024 ketika dokter menemukan melanoma ganas dalam tahi lalat yang diangkat dari tubuhnya.

Raja Charles III
Raja Charles III menunggu 73 tahun untuk menjadi raja, berkat masa pemerintahan ibunya yang panjang. Dia naik takhta pada 8 September 2022.

Kesehatan Charles mulai menjadi headline pada Januari 2024. Dia menjalani perawatan untuk pembesaran prostat, yang memaksa sang raja untuk membatalkan beberapa penampilan publik. Istana Buckingham mengumumkan pada Februari bahwa dokter telah mendiagnosis Raja Charles dengan kanker. Jenis yang tepat tidak diungkapkan, tetapi kanker prostat dikesampingkan.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait