Survei Ini Ungkap Perbedaan Pria dan Wanita dalam Memakai Uang THR Lebaran

Wayan Diananto | 11 Juni 2018 | 04:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sudah habiskah uang THR Anda? Ternyata, ada banyak survei yang mengungkap perbedaan pria dan wanita dalam menggunakan uang THR. Salah satunya, survei dari aplikasi Jakpat yang melibatkan 1.500 responden tahun lalu. Survei itu mengungkap bahwa saat mudik Lebaran alias festive season, banyak aktivitas yang dilakukan masyarakat dengan uang THR. Paling tinggi, membeli pakaian baru. Ritual beli baju baru dari dulu tidak berubah. Kedua, bayar zakat.

"Setelah itu memberi uang dan parsel untuk sanak saudara, kemudian baru ditabung sebagian. Namun, perempuan lebih banyak menabung uang THR ketimbang laki-laki. Selanjutnya baru dialokasikan untuk membeli hidangan Lebaran, biaya mudik Lebaran, liburan setelah hari H Lebaran, dan membeli gadget baru," terang Chief Marketing Officer PT Central Asia Financial, Yuda Wirawan dalam gelar wicara “Peran Asuransi Ciptakan Mudik Aman” di Jakarta, pekan ini.

Saat mudik Lebaran dan balik, masyarakat Indonesia menjadi amat konsumtif sehingga pergerakan ekonomi melaju pesat. Mereka memikirkan banyak hal tapi kecil sekali yang memikirkan asuransi untuk perjalanan mudik dan balik. Padahal, ada tiga risiko saat mudik dan balik yakni kecelakaan lalu lintas, penyakit, dan menjadi korban kejahatan seperti pencopetan. Hal lain yang diungkap oleh survei, okupansi rumah sakit setelah Lebaran meninggi.

"Meninggi karena penyakit tifus dan demam berdarah. Kami mengimbau untuk tidak melupakan asuransi kala mudik," imbuh Yuda. Asuransi kini memberikan banyak pilihan dan kemudahan. Asuransi kecelakaan misalnya, kini bisa diketeng dan langsung diaktifkan. Salah satunya, asuransi Jaga Aman Instan dengan premi mulai lima ribu rupiah. Pilihan perlindungannya pun fleksibel dari 3 jam sampai dengan setahun. Santunan biaya rumah sakitnya hingga 10 juta rupiah per tahun.

Penulis : Wayan Diananto
Editor : Wayan Diananto