Kafein Mampu Meningkatkan Daya Ingat Jangka Panjang

Administrator | 16 Januari 2014 | 14:43 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Segelas kopi mungkin saja menjadi penolong Anda di kemudian hari ketika harus mengingat kembali satu hal.

Studi yang dilakukan sekelompok peneliti dari John Hopkins University menemukan bahwa kafein mampu memperlancar daya ingat dengan mendongkrak kemampuan otak dalam mempertahankan daya ingat jangka panjang.

Dr. Michael Yassa sebagai peneliti utama menjelaskan, "Kita selama ini tahu bahwa kafein memiliki efek peningkatan kognitif, namun efek tertenu yang dimiliki terhadap penguatan daya ingat membuatnya tahan terhadap kelupaan, tidak pernah diteliti secara detil pada manusia," paparnya.

"Untuk pertama kalinya kami melaporkan efek spesifik dari kafein untuk mengurangi kelupaan dalam jangka waktu 24 jam," tambahnya, seperti dilansir Medical Daily, Kamis (16/1).

Eksperimen yang dilakukan memberikan para peneliti kesempatan melihat dan memastikan bagaiamana kafein membuat seseorang mudah mengingat. Ditemukan, kelompok peserta yang diberikan pil kafein, lebih akurat saat mengidentifikasi kembali serangkaian gambar yang ditunjukkan.

Kesimpulan yang diperoleh menyatakan bahwa kafein mampu meningkatkan dan mendongkrak daya ingat dan berpengaruh pula terhadap jangka waktu yang panjang.

Selain memahami bagaimana memori terbentuk, penemuan ini juga memiliki keterkaitan relevan dengan perawatan psikatrik dan geriatrik.

(tika/yb)

Penulis : Administrator
Editor : Administrator