Bertepatan dengan Hari Batik Nasional, ICRA 2019 Resmi Dibuka

Ari Kurniawan | 3 Oktober 2019 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pameran ICRA yang ke-19 resmi dibuka di Hall A, JCC Senayan, Jakarta. Pembukaan pameran yang diikuti oleh lebih dari 200 usaha kecil menengah, pengrajin, serta perancang kesenian dan interior, ini digelar bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Selasa, 2 Oktober 2019.

Ketua Pelaksana ICRA 2019, Edith Ratna, menjelaskan ICRA merupakan ajang uji petik pasar bagi para kreator dan perajin nasional. ICRA menjadi media interaksi yang efektif antara produsen dengan konsumen dan pasar, serta para mitra usaha. 

Lebih dari itu, Edith berharap ICRA 2019 bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap produk-produk tradisional, yang dibuat sedekian rupa dengan sentuhan kekinian. Salah satunya, kata Edith, batik Marunda karya desainer Yuku Moko, yang dipamerkan di acara pembukaan. 

"Ini luar biasa, saya melihat kemajuannya ada batik Marunda. Biasanya busana-busana yang ditampilkan di fashion show enak dilihat tapi susah dipakai. Tapi yang saya lihat tadi, saya juga bisa pakai," ungkap Edith. 

"Batik Betawi itu dulu masih pemula, bentuknya sederhana tapi mahal. Ketika disentuh oleh desainer langsung jadi produk yang menarik, tanpa meninggalkan identitasnya," lanjutnya. 

Selain memamerkan produk kreatif karya para perajin, perancang serta UKM, acara ini juga akan mengadakan beragam acara harian, berupa diskusi kreatif serta klinik desain yang diselenggarakan dari HDII, HDMI dan ADPII. Ada juga demo membatik dari Museum Tekstil Jakarta, Workshop dan demo keramik dari Museum Seni Jakarta. Acara ini juga diikuti oleh talkshow dengan para desainer dan pelaku industri kreatif. 

Edith merasa senang sekaligus bangga, karena penyelenggaraan ICRA bisa melibatkan generasi millenial, yang kaya dengan ide-ide kreatif.

ICRA 2019 diselenggarakan oleh Adiwastra Nusantara, Komunitas Pegiat Promosi Wastra Nusantara, dan dilaksanakan oleh PT Akmara Komunika Maksima. Acara ini dibuka untuk umum, tanpa dipungut biaya. Pengunjung hari pertama ICRA 2019 relatif ramai, seiring situasi Jakarta yang mulai kondusif.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait