Cynthia Lamusu Ungkap Alasan Putranya Berkacamata

Yuriantin | 19 November 2019 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memperingati hari Prematur Sedunia yang jatuh setiap 17 November, Cynthia Lamusu berbagi kisah. Istri Surya Saputra ini melahirkan sepasang anak kembar pada 2016 lalu. Kala itu, kelahiran tersebut lebih cepat dari jadwal yang diperkirakan atau prematur.

Lewat Instagram pribadinya dan Instagram buah hatinya @tatjanadanbima, Cynthia Lamusu mengungkapkan anak kembarnya menjadi pejuang NICU. Setelah lahir, anak perempuannya, Tatjana dirawat di ruang NICU selama 14 hari. Kondisinya juga lebih baik dibanding kembarannya, Bima. Saat itu, Bima harus dirawat di ruang NICU selama 33 hari.

Dalam unggahannya yang lain, Cynthia Lamusu juga menjelaskan alasan Bima memakai kacamata. Ia mengatakan masih banyak orang yang bertanya penyebab Bima berkacamata. Bahkan, ada yang mengira putranya tersebut memakai kacamata untuk bergaya. Cynthia pun meluruskan bahwa mata Bima terdiagnosa AP ROP.

 

"Apa Itu AP ROP (Retinopati posterior agresif prematuritas (AP-ROP) adalah bentuk ROP yang parah dan langka yang ditandai dengan perkembangan cepat ke stadium lanjut dengan neovaskularisasi datar di zona 1 atau zona 2 . Sebelumnya, AP-ROP disebut sbgROP tipe II atau ROP tipe terburu-buru," tulis Cynthia.

Ia juga menambahkan karakteristik AP ROP. "Jenis penyakit mata ini memiliki karakteristik sebagai berikut:lokasi posterior lebih; perkembangan pesat, daripada melalui tahap klasik 1–5; dan prognosis buruk meskipun terapi dini. AP-ROP umumnya terjadi pada bayi prematur (usia kehamilan [GA] <28 minggu) dan BBLR (<1.000 g)," sambungnya.

Segera mengetahui diagnosis tersebut, Bima langsung mendapat tindakan khusus dari dokter ahli mata. Karena jika terlambat ditangani, risikonya adalah kebutaan.

"Alhamdulillah.. Hasil Dari Tindakan nya Itu berhasil. Ada reaksi Baik dari Mata Bima.
Jadinya Bima terhindar dari Kebutaan.
Tapi Efek samping nya adalah Dia Harus memakai Kacamata. Mulai pakai kaca mata di usia 18 bln," terang Cynthia.

Cynthia juga tak lupa mengingatkan para orang tua dengan anak prematur untuk meminta para tim medis melakukan screening pada bayi mereka. Sebabnya, bayi prematur terlahir dengan organ-organ tubuh yang belum sempurna.

"40 minggu Pertama Adalah MOMENT PENTING nya. Semakin Cepat Di Lakukan SCREENING akan Menjadi Langkah terbaik Untuk Bisa kita menemukan Solusi Yang Tepat untuk anak Kita," tulisnya.

(yuri)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait