Cara Mudah Menyukseskan Resolusi di Tahun yang Baru

Khairiyah Sartika | 27 Desember 2019 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun segera berganti, banyak orang bersemangat mencatat sederet target dan perubahan yang ingin dicapai di tahun baru atau biasa disebut resolusi.

Ketika menyusun resolusi kata "menyerah" sebaiknya disingkirkan jauh-jauh jika ingin semuanya terlaksana dan terpenuhi.

Tak hanya itu, dibutuhkan pula pengendalian diri yang baik dan keyakinan bahwa semua dapat diwujudkan dengan maksimal.

Seperti dinyataka oleh Dr. John M.Grohol dari PsychCentral, "Semakin Anda percaya kemampuan diri sendiri, maka semakin besar kemungkinan keberhasilan Anda."

The American Psychological Association juga menyarankan tiga langkah sederhana agar dapat mempermudah diri mewujudkan resolusi tahun baru.

1. Hadapi satu per satu

Berusahalah memenuhi pencapaian resolusi Anda tanpa terburu-buru. Manfaatkan waktu, tenaga dan kesempatan yang tersedia untuk mewujudkan setiap keinginan dengan kesabaran. Tak perlu semua resolusi terpenuhi pada satu waktu yang bersamaan. Diiringi niat, keinginan dan semangat, maka satu per satu resolusi dapat menjadi proses menyenangkan.

2. Beritahu keluarga dan kerabat terdekat

Memberitahu orang lain mengenai resolusi Anda akan memberikan dukungan lebih dalam proses mewujudkan berbagai resolusi yang telah Anda buat. Ini membuat orang lain mengetahui, sehingga juga dapat mengingatkan Anda di kala lupa atau sedang tak memperhatikan apa yang ingin dipenuhi. Selain itu, orang-orang terdekat dapat menjadi sumber komunikasi yang baik untuk membantu mewujudkan resolusi yang diinginkan.

3. Jangan menyiksa diri

Mungkin bagi beberapa orang, resolusi menjadi hal yang teramat penting dan sensitif. Tapi hal tersebut tak berarti perlu membuat diri tersiksa akibat ingin memenuhi resolusi atau saat gagal memenuhinya. Jika belum berhasil, maka tak ada salahnya mencoba lagi tanpa harus menunggu tahun berikutnya. Selama proses, jadikan ini sebagai hal menyenangkan untuk mengoptimalkan diri dan mengarah ke hal-hal lebih positif. Ingat, tak perlu merasa tertekan dan menyiksa diri akibat resolusi tahunan yang telah dibuat. Buatlah daftar keinginan dan perubahan Anda suatu hal yang menyenangkan!

(tika / gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait