Mom, Yuk Bantu Anak Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis

aura.co.id | 29 Desember 2019 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Resolusi Tahun Baru tidak hanya milik orang dewasa. Si kecil juga memiliki resolusinya sendiri, lo. Hanya saja terkadang, mereka lupa atau resolusi tersebut telalu mustahil dijalankan.

Agar si kecil termotivasi dan sukses menjalankan resolusinya, Anda bisa membantunya membuat resolusi yang lebih realistis seperti dilansir laman PureWow berikut:

Dibanding membuat resolusi:

"Saya tidak akan bertengkar dengan adik saya."

Ubahlah menjadi:

"Saya akan bermain setiap malam dengan adik saya."

Dengan bermain bersama, anak akan lebih dekat satu dengan yang lainnya dan setelah asyik bermain, hubungan keduanya akan lebih dekat.

Dibanding membuat resolusi:

"Saya akan lebih berani di sekolah."

Ubahlah menjadi:

"Saya akan mengacungkan tangan tiga kali dalam seminggu."

Bagi anak yang pemalu, keberanian untuk berbicara bukanlah hal yang mudah. Resolusi yang spesifik akan memudahkannya. Jangan lupa diskusikan pengalaman tersebut bersama.

Dibanding membuat resolusi:

"Saya akan mendapatkan nilai A"

Ubahlah menjadi:

"Saya tidak akan menonton TV sebelum menyelesaikan perkerjaan rumah (PR)."

Daripada menjadikan nilai sebagai motivasi, akan lebih baik jika si kecil membangun kebiasaan yang baik, yang akan membantunya dalam proses belajar di masa depan.

Jika si kecil belum memiliki resolusi, ajaklah ia untuk merumuskan resolsusi bersama Anda. Buatlah resolusi yang spesifik dan jangan lupa menganalisis hasil dari resolusi tersebut bersama. Dengan kebiasaan ini, anak akan terbiasa membuat perencanaan dan target ketika akan melakukan sesuatu dan meraih cita-citanya di masa depan.

 

AURA.CO.ID

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait