Dorce Gamalama : Tubuh Saya Sama dengan Tubuh Perempuan Lainnya

Redaksi | 17 Februari 2022 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dorce Gamalama pernah bikin heboh saat memutuskan operasi kelamin di era 1980-an. Entertainer kelahiran Solok, 21 Juli 1963 itu diketahui melakukan operasi payudara pada 1984.  Operasi ini membuat kepercayaan diri Dorce makin meningkat. Dia makin mantap dengan pilihannya menjadi perempuan. Dua tahun kemudian, di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya, Dorce mewujudkan impian menjadi perempuan dengan operasi kelamin.

Bukan tanpa alasan bila Dorce memutuskan operasi jenis kelamin. "Operasi kelamin jalan terakhir untuk mencapai status yang jelas. Saya ingin mendapat pengakuan yang sah dari pemerintah dan masyarakat. Saya ingin mendapat kejelasan untuk menjalani kehidupan di masyarakat. Saya ingin menjadi perempuan. Saya tidak ingin melihat orang kikuk bergaul dengan saya. Setelah operasi dan pengesahan status dari pengadilan, saya diakui negara sebagai perempuan," ungkap Dorce dalam sebuah wawancara dengan Tabloid Bintang Indonesia.

Dorce pernah menuangkan pengalamannya tersebut lewat buku biografi berjudul Aku Perempuan. Buku yang ditulis FX Rudi Gunawan ini seolah menegaskan keinginan Dorce untuk dilihat sebagai perempuan yang utuh, tanpa harus memperdebatkan masa lalunya. "Sampai sekarang memang tidak ada yang meragukan soal identitas saya. Masyarakat menerima kondisi saya. Buku ini hanya membuktikan saya diakui oleh negara sebagai perempuan. Dalam buku ini saya melampirkan surat keputusan dari Pengadilan Negeri Surabaya mengenai status saya sebagai perempuan. Tubuh saya sama dengan tubuh perempuan lainnya," ungkap wanita yang terkenal suka bicara blak-blakan ini pada 2005 lalu. 

Biografi ini juga menceritakan pernikahan Dorce dengan seorang pria yang enggan ia sebutkan namanya. "Biarlah itu menjadi kenangan indah saya saja," jawab ibu asuh dari ratusan anak yatim piatu ini.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait