Sebelum Meninggal, Dorce Gamalama 3 Kali Koma

Ari Kurniawan | 16 Februari 2022 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2). Artis serbabisa itu mengembuskan napas terakhirnya di RSPP Simprug, Jakarta Selatan, sekitar pukul 7.30 WIB. 

Beberapa bulan belakangan Dorce Gamalama memang tengah berjuang melawan penyakit gula dan beberapa penyakit lain yang menggerogoti tubuhnya. Kondisi Dirce semakin buruk setelah dinyatakan positif Covid-19.

"Memang sudah ke rumah sakit sudah tiga kali. Ternyata terakhir di ruang ICU koma. Tiga kali koma," cerita Anna, salah satu anak angkat Dorce Gamalama, di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur. 

Selama sepuluh hari di rumah sakit, Dorce Gamalama tidak boleh dijenguk dan hanya boleh ditunggu satu orang saja.

"Sudah nggak pernah ketemu lagi sejak awal masuk rumah sakit," lanjut Anna. 

Anna mengaku sangat sedih karena tidak bisa menemani almarhum di saat-saat terakhirnya. Ia pun tak bisa banyak berkomunikasi dengan ibunda tercinta.

"Sejak sakit sampai akhirnya koma bunda nggak pernah pegang HP," bilang Anna lagi. 

Jenazah Dorce Gamalama dimakamkan di TPU Bantar Jati, pada Rabu petang, dengan protokol Covid-19. Sesuai keputusan anak-anaknya, proses pengurusan jenzah Dorce dilakukan secara laki-laki.

Sebelumnya Dorce Gamalama sempat berwasiat untuk bisa dimakamkan sebagai perempuan. Namun, sejumlah pemuma agama menyarankan agar Dorce dikebumikan sesuai dengan kodratnya, yakni sebagai laki-laki. Salah satu ustadz yang sempat berkomentar soal ini adalah Gus Miftah.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait