Eddy Raya Samsuri Harapkan Dukungan Gubernur Kalteng dalam Pelestarian Situs Budaya Buhai Bapa Laut Bulan

Indra Kurniawan | 8 Mei 2024 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bupati Kabupaten Barito Selatan periode 2017-2022, Ir.H. Eddy Raya Samsuri berencana merenovasi kawasan situs budaya patahu Buhai Bapa Laut Bulan di Tumbang Sei Purun, Desa Sei Jaya, Kecamatan Dusun Hilir Barito Selatan. 

Buhai Bapa Laut Bulan merupakan bangunan mini Balai Karamat Raja yang dibuat untuk tempat petilasan salah satu leluhur suku Dayak Ngaju. Tempat ini memiliki kelebihan secara magis sebagai tempat masyarakat memohon bantuan atau pertolongan dari marabahaya penyakit. 

“Tempat ini juga untuk bahajat atau bernasar, jadi sebagai rasa syukur dan terima kasih dibuat lah bangunan Balai Karamat Raja Buhai Bapalaut Bulan,” ungkap Eddy Raya Samsuri yang kembali akan maju dalam Pilkada Barito Selatan 2024.

Lebih lanjut Ketua DPP Golkar Kabupaten Barito Selatan ini menjelaskan patahu sekitar tahun 1960-an didirikan oleh seorang tokoh adat di Desa Sei Jaya, Damang T.G K.D. Simma, dan seorang tentara Pelda Roman Tueng.

“Ini juga salah satu penghormatan kepada nilai-nilai dan norma adat istiadat dan budaya serta kearifan lokal, Suku Dayak Ngaju yang mendiami Desa Sei Jaya,” cerita Eddy Raya Samsuri.

Eddy Raya Samsuri lebih lanjut mengatakan, sebagai bentuk rasa prihatin, dirinya tergugah untuk merenovasi tempat itu usai melihat kondisinya yang lapuk dimakan usia. 

Buhai Bapa Laut Bulan akan direnovasi oleh Eddy Raya Samsuri dengan bantuan semua pihak yang memiliki kepedulian akan pelestarian situs budaya. (Dok.Istimewa)

Untuk melestarikan, pengembangan nilai-nilai budaya adat istiadat berdasarkan Perda Nomor 16 Tahun 2008 Tentang Kelembagaan Adat di Kalimatan Tengah, dia berharap dukungan dari para tokoh pemuda, tokoh adat, dan tokoh masyarakat setempat terutama ahli waris di Desa Sei Jaya, serta Damang Kepala Adat Kecamatan Dusun Hilir Yusep.T. Aceng.

“Kami berencana untuk membentuk Tim Pelaksana kegiatan ritual Pembangunan dan renovasi kawasan Situs Budaya itu tahun 2024-2025,” terang Eddy. 

Dukungan atau pun bantuan sumber pendanaan dari para tokoh masyarakat dan pemerintah daerah maupun pihak lainnya yang memiliki kepedulian terhadap pelestarian situs budaya sangat diharapkan Eddy dalam pelaksanaan kegiatan itu.

“Baik dari Bapak PJ.Bupati Kabupaten Barito Selatan, Bapak Gubernur Kalimantan Tengah, dan juga para donatur simpatisan perusahaan serta para Ormas yang bersedia membantu jalannya rencana kegiatan ini,” ujar Eddy.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait