Konser Anak Ni Raja, Bangkitkan Gairah Anak Muda terhadap Budaya dan Musik Batak

Ari Kurniawan | 19 Mei 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pagelaran musik bertajuk "Konser Anak Ni Raja" digelar di Bekasi Convention Center (BCC), Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (18/5) malam. Konser ini dimeriahkan oleh Novita Dewi, Alex Rudiart Hutajulu, Gita Sitompul, Rany Simbolon, Dorman Manik, Jun Munthe, Duo Naimarata, Osen Hutasoit, dan Victor Hutabarat.

Posan Tobing selaku inisiator acara mengatakan dirinya ingin membuat sebuah pagelaran musik, yang kental akan budaya Batak. Ia ingin sekali musik batal bisa dinikmati secara luas, seperti lagu Jawa kekinian yang dipopulerkan Denny Caknan hingga Happy Asmara.

"Dengan didukung Vany Songket, saya ingin sekali budaya dan lagu-lagu Batak dikenal lebih luas lagi di Indonesia," kata Posan Tobing.

Posan mengakui alasannya membuat Konser Anak Ni Raja karena keresahannya pada generasi muda, yang mulai terkikis akan kecintaannya terhadap budaya Batak. Padahal, budaya, lagu, dan musisi Batak begitu kuat dan sangat hebat di Indonesia.

"Anak muda Batak itu sudah mulai krisis mengerti bahasa Batak, itu saya rasakan ke anak saya. Di situ inspirasinya," ucapnya.

"Ketika terbiasa anak muda akan mau tau lah tentang budaya Batak. Mereka akan karaoke bersama, itu pesan dari acara ini," sambung mantan personel band Kotak itu.

Posan Tobing menyadari Konser Anak Ni Raja begitu penting untuk mengangkat lagi budaya Batak, agar dicintai oleh masyarakat Indonesia. Ia pun berencana menjadikan konser ini sebagai agenda tahunan. 

Sementara itu, penyanyi Novita Dewi begitu bahagia bisa dilibatkan dalam Konser Anak Ni Raja, dikarenakan dirinya berdarah Batak dan ingin mengangkat lagu-lagu warisan untuk diperkenalkan kepada khalayak ramai.

"Bangga banget kembali saya dan suami bisa dipercaya tuhan untuk kembali isi acara konser Batak. Saya bangga ada jadi salah satu acara Konser Anak Ni Raja," jelas Novita Dewi.

"Yang saya senang Vany Songket yang mendukung acara ini tidak hanya memberi dana saja, tapi memberikan dukungan untuk busana yang dikenakan para penampil," tambahnya.

Sementara itu Melfarina Sianipar owner dari Vany Songket menyampaikan bahwa dirinya mendukung Posan Tobing menggelar acara Konser Anak Ni Raja, karena kecintaannya terhadap budaya Batak.

Bahkan tak hanya itu saja, Melfarina Sianipar juga ingin sekali konser yang mengangkat tentang lagu-lagu dan budaya Batak bisa digelar setiap tahunnya.

"Saya sudah bicara dengan Posan, Konser Anak Ni Raja harus digelar setiap tahun. Kalau bisa, kami dukung para musisi Batak untuk bisa mendunia," ucap Melfarina Sianipar.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait