Kembali Maju di Pilkada Barito Selatan 2024, Eddy Raya Samsuri Tetapkan 3 Syarat Ini untuk Cawabup

Indra Kurniawan | 25 April 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bupati Barito Selatan periode 2017-2022 menyatakan akan kembali mengikuti kontestasi Pilkada 2024. Dia mengklaim telah mengantongi restu dari beberapa partai politik.

Eddy Raya Samsuri yang berpasangan dengan Setya Titiek Aryanto memenangi Pilkada Kabupaten Barito Selatan 2017 dengan meraih 37.399 suara. Pasangan itu mengungguli Farid Yusran-Sukanto yang mengantongi 35.426 suara.

Kemenangan tersebut tampaknya ingin diulangi kembali oleh Eddy pada Pilkada 2024 yang digelar serentak bulan November mendatang. Eddy mengklaim telah mengantongi dukungan dari masyarakat dan juga beberapa parpol, terutama Golkar tempatnya bernaung.

"Instruksi DPP kandidat yang ingin kembali maju mendapatkan prioritas. Kebetulan untuk calon bupatinya (Barito) adalah calon tunggal, yaitu saya," ujar Eddy Raya Samsuri ditemui di kawasan PIK Jakarta Utara akhir pekan lalu.

Eddy sebagai salah satu petahana ingin sekali melakukan perubahan kepada masyarakat Barito Selatan agar lebih mandiri dan lebih sejahtera. Di periode pertama menjabat, Eddy terkendala pandemi Covid-19 sehingga perubahan yang ingin dilakukannya tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Eddy Raya Samsuri akan kembali maju pada Pilkada. (Dok.Pribadi)

"Oleh karenanya, masyarakat meminta kepada kami untuk kembali ikut serta lagi pada Pilkada Barito Selatan 2024 mendatang," kata Eddy yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Barito Selatan. 

Menyadari pentingnya dukungan dari parpol lain, Eddy mengaku telah melakukan safari politik ke sejumlah parpol di antaranya Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, dan Perindo.

"Dan kami juga terbuka untuk beberapa partai yang mendapatkan kursi (pada Pileg 2024) di sana. Semoga kami bisa melaksanakan amanah dari teman-teman di Kabupaten Barito Selatan. Oleh karena itu, kami mohon doa dan restu serta dukungan," ucap Eddy.

Untuk calon pendampingnya Eddy mengatakan sesuai aturan Partai Golkar dirinya diminta untuk melaksanakan survei sebanyak 4-5 kali untuk mencari sosok sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Adapun salah satu kriterianya elektabilitas harus tinggi.

"Yang pasti dia memiliki elektabilitas yang baik, mempunyai kompetensi, dan kesamaan visi misi bersama kami untuk bisa membangun Kabupaten Barito Selatan lebih baik lagi," jelas Eddy.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait